Banjir lahar menerjang Tanah Datar Sumbar pascaerupsi Gunung Marapi

id Banjir lahar dingin, lahar dingin, erupsi gunung Marapi,Sumbar, tanah datar, Agam, Bukittinggi

Banjir lahar menerjang Tanah Datar Sumbar pascaerupsi Gunung Marapi

Warga melihat banjir lahar dingin yang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Tanah Datar Selasa malam, (5/12/2023). Antara/HO-Humas Kominfo Kabupaten Tanah Datar.

Padang (ANTARA) - Banjir lahar menerjang beberapa daerah di Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), pada Selasa malam, pascaerupsi Gunung Marapi.

"Debit air meningkat drastis di Batang Air Sigarungguang Nagari Baringin dan Batang Air Lona Nagari Parambahan," kata Bupati Kabupaten Tanah Datar Eka Putra saat meninjau kawasan yang diterjang banjir lahar dingin di Kabupaten Tanah Datar, Rabu.

Di Nagari (desa) Pariangan banjir lahar menghantam lokasi pemandian air panas yang berada di kawasan Masjid Ishlah. Kemudian, di Nagari Batubasa, Kecamatan Pariangan, banjir lahar menerjang sebuah masjid serta rumah warga tepatnya di Jorong (dusun) Sialahan.

Selanjutnya, di kawasan Koto Baranjak, Nagari Baringin, Kecamatan Limo Kaum banjir lahar dingin menyebabkan sebuah jembatan terban di kedua sisinya sehingga tidak bisa dilalui mobil bertonase besar.

"Jangan panik. Dengarkan instruksi dari pihak berwenang. Jangan termakan isu, apalagi menyebarkan isu yang bisa membuat panik masyarakat," katanya.

Terakhir, ia mengimbau masyarakat Kabupaten Tanah Datar untuk bersama-sama berdoa agar erupsi Gunung Marapi tidak menimbulkan dampak yang besar.

"Semoga tidak memberikan dampak yang besar dan tidak menimbulkan korban jiwa atau kerugian harta benda bagi warga. Mari kita sama-sama berdoa, " harap Eka.

Sebelumnya, Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta semua pihak mematuhi rekomendasi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), yang telah mengeluarkan rekomendasi terkait status Waspada (Level II) Gunung Marapi, Sumatera Barat.

"Gunung Marapi telah mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu teramati 800 meter dari puncak pada 4 Desember 2023 pukul 22.00 WIB. Kolom abu teramati berwarna kelabu hingga hitam intensitas tebal condong ke arah barat daya. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 3 mm dengan durasi kurang lebih 1 menit 8 detik," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam konferensi pers terkait Perkembangan Aktivitas Gunung Marapi Sumatera Barat, Senin (4/11).

Gunung Marapi, kata Wafid, dikutip dari rilis Kementerian ESDM di Jakarta, Selasa, saat ini berada pada Level II (Waspada) dan sudah direkomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung ataupun wisatawan tidak diperbolehkan mendekati pada radius 3 km dari kawah untuk keselamatan bersama.

"PVMBG sudah mengeluarkan rekomendasi terkait aktivitas vulkanik Gunung Marapi dan sudah diinformasikan kepada pihak-pihak terkait termasuk pemerintah daerah untuk dipatuhi," ujarnya pula.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Banjir lahar terjang Kabupaten Tanah Datar pascaerupsi Gunung Marapi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE