Dispar Batam sebut target kunjungan wisman bisa tercapai saat liburan Natal

id Kepri,batam ,kunjungan ,wisman ,natal ,tahun baru

Dispar Batam sebut target kunjungan wisman bisa tercapai saat liburan Natal

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) menyebutkan target kunjungan wisatawan mancanegara 2023 bisa tercapai pada momen liburan Natal - Tahun Baru 2024.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata di Batam, Sabtu mengatakan pihaknya menargetkan sekitar 1,5 juta kunjungan pada tahun 2023.

Berdasarkan data BPS, sejak Januari - Oktober 2023, kunjungan wisman ke Batam telah mencapai 1.211.303 kunjungan.

"Capaian kunjungan wisatawan kita Alhamdulillah terus meningkat dibanding tahun kemarin. Memang belum sampai seperti di tahun 2019, sebelum pandemi itu hampir 2 juta. Tetapi jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya," kata Ardi.

Ia menjelaskan pada saat libur Natal dan Tahun Baru, menjadi salah satu momen bagi pelancong dari Singapura dan Malaysia mengunjungi Batam.

"Artinya kemungkinan sampai dengan Desember nanti target tercapai, Insya Allah kita optimis karena di Desember biasanya peak season, jadi kunjungan yang tinggi itu di Desember," kata Ardi.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, meningkatkan dan mengembangkan penerapan Konsep 3A yaitu aksesibilitas, amenitas dan atraksi untuk menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

"Aksesibilitas terus dibenahi, salah satunya pembangunan infrastruktur mulai dari bandara hingga pelebaran jalan. Kemudian amenitas, semakin banyak mall yang buka, destinasi wisata baru seperti taman rusa dan lainnya. Dan yang terakhir atraksi, yaitu atraksi budaya. Kalau atraksi alam, di Batam agak kurang, ya," ujar Ardiwinata.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE