Kemenhub bangun bandara hingga ke penjuru negeri

id KEMENHUB,MENHUB,BUDI KARYA SUMADI,BANDARA,KONEKTIVITAS

Kemenhub bangun bandara hingga ke penjuru negeri

Bandara Siboru di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. ANTARA/HO-BKIP Kemenhub

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan sejumlah bandara hingga ke penjuru negeri untuk mewujudkan konektivitas antarwilayah secara merata dan juga mendorong tumbuhnya titik ekonomi baru.

"Ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. Dengan terbukanya akses, pergerakan manusia maupun logistik semakin lancar dan diharapkan dapat mendorong tumbuhnya titik ekonomi baru," kata Menhub dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Kemenhub mencatat dalam kurun waktu 2015-2023, telah dibangun bandara baru di 25 lokasi dan revitalisasi bandara di 38 lokasi.

Beberapa bandara yang telah selesai dibangun, di antaranya Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan; Bandara Siboru di Kabupaten Fakfak, Papua Barat; dan Bandara Mentawai di Kabupaten Mentawai, Sumatera Barat.

Tiga bandara itu merupakan proyek strategis nasional yang dibangun untuk membuka keterisolasian wilayah di kawasan tertinggal, terluar, terpencil, dan perbatasan.

Kemenhub menjelaskan Bandara Ewer yang diresmikan pada Juli 2023 memiliki terminal bandara seluas 488 meter persegi atau lebih luas dari terminal lama, yakni 120 m2, yang dapat memuat kapasitas hingga 14 ribu penumpang pertahun.

Pengembangan bandara tersebut telah dilakukan sejak 2018 hingga 2022 dengan total anggaran Rp287 miliar yang berasal dari APBN.

Setelah dilakukan pengembangan, Bandara Ewer memiliki landasan dengan ukuran 1.650 m x 30 m sehingga mampu didarati pesawat tipe ATR 72-600 untuk penumpang maupun kargo. Bandara Ewer akan menjadi titik sentral yang sangat strategis untuk melayani penerbangan dari dan ke bandara yang lebih besar seperti Timika atau Merauke maupun menuju bandara yang lebih kecil di wilayah pedalaman Papua.

Selanjutnya, Bandara Siboru yang diresmikan pada November 2023 lalu memiliki luas terminal 4.600 m2 yang dapat menampung hingga 153.945 penumpang pertahun. Total anggaran pembangunan bandara senilai Rp891 miliar menggunakan APBN melalui surat berharga syariah negara (SBSN).

Lalu, Bandara Douw Aturure yang berada di Provinsi Papua Tengah juga akan menghubungkan Nabire dengan beberapa kota di Papua seperti Timika, Manokwari, dan Jayapura.

Kemudian, Bandara Mentawai memiliki terminal penumpang berukuran 1600 m2 yang mampu menampung penumpang sekitar 53 ribu lebih penumpang pertahun. Pembangunan bandara tersebut dibiayai melalui sumber pembiayaan SBSN dengan total anggaran sebesar Rp487 miliar.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenhub bangun bandara hingga ke penjuru negeri wujudkan konektivitas

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE