Gunung Semeru kembali erupsi

id gunung semeru erupsi,letusan semeru,semeru erupsi,tinggi letusan 2 km

Gunung Semeru kembali erupsi

Erupsi Gunung Semeru yang terekam CCTV pada Senin (8/1/2024) pukul 01.38 WIB.  (ANTARA/HO-PVMBG)

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Gunung Semeru kembali erupsi dengan tinggi letusan mencapai 2 kilometer pada Senin pukul 01.38 WIB.

"Terjadi erupsi Gunung Semeru pada hari Senin, 08 Januari 2024, pukul 01. 38 WIB. Tinggi kolom letusan teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak (5676 meter di atas permukaan laut)," kata Petugas Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, Ghufron Alwi dalam keterangan tertulis yang diterima di Lumajang.

Menurut dia, kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah selatan. 

Untuk pengamatan kegempaan Gunung Semeru pada periode Senin pukul 00.00-06.00 WIB tercatat sebanyak 18 kali gempa erupsi dengan amplitudo 11-22 mm, satu kali gempa awan panas letusan dengan amplitudo 20 mm.

"Secara visual, gunung api terlihat jelas. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang dengan ketinggian sekitar 200-500 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga berawan, angin lemah ke arah barat daya," kata dia 

Status Gunung Semeru level III atau siaga. Masyarakat dilarang melakukan aktivitas apa pun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak.

Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak boleh melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sunga di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Semeru kembali erupsi dengan tinggi letusan capai 2 km

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE