DBMSDA Batam koordinasi dengan BWS atasi banjir

id Kepri,batam ,banjir ,hujan ,bina marga,Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA)

DBMSDA Batam koordinasi dengan BWS atasi banjir

Ilustrasi - Salah satu ruas jalan di Kota Batam, Kepri yang tergenang banjir akibat hujan deras (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Batam, Kepulauan Riau berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai (BWS) untuk mengatasi banjir di daerah itu.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DBMSDA Kota Batam Wan Taufik menyebutkan banjir yang terjadi di sejumlah pemukiman penduduk di Kota Batam dikarenakan pasang air laut yang cukup tinggi.

"Kami mau cek pakai drone kondisi drainase primer apakah terjadi sedimentasi, sehingga perlu dilakukan normalisasi oleh pihak BWS," ujarnya saat dihubungi di Batam, Kamis.

Ia menyampaikan, sebagai langkah mengatasi banjir pihaknya juga menyediakan sejumlah alat berat di titik lokasi rawan banjir.

"Tadi malam terjadi pasang air laut yang cukup tinggi, makanya kami mau cek saluran drainase primer Patam Lestari, apakah terjadi sedimentasi yang cukup parah. Karena saluran tersebut meluap sehingga mengakibatkan banjir di Tiban 3 dan Tiban 2, sebab muara saluran perumahan tersebut ke saluran Patam Lestari," ujar dia.

Sebelumnya, DBMSDA Kota Batam mencatat terdapat sekitar 28 titik lokasi banjir di kota itu.

Kepala DBMSDA Kota Batam Suhar mengatakan salah satu titik lokasi banjir tersebut di Kawasan Bengkong Swadebi.

Ia menjelaskan banjir merendam kawasan tersebut karena proses pembuangan air dari hulu ke laut yang lambat, sehingga ketika debit air meningkat luapan air masuk dan merendam rumah warga.

"Bengkong Swadebi tidak bisa dioptimalkan kinerja salurannya, karena sudah padat oleh bangunan rumah. Ini menyebabkan alat berat tidak bisa masuk. Sudah dari tahun 2000 lokasinya seperti itu. Jadi, hanya bisa mengandalkan petugas untuk membersihkan saluran dan secara manual, sebab alat tak bisa masuk," kata Suhar.

Baca juga:
KPPS Pemilu Kabupaten Natuna tanam 1.694 batang pohon

KPU Natuna-Kepri catat terdapat 2.746 pemilih tambahan untuk Pemilu 2024

Pemprov Kepri susun peta jalan pengendalian inflasi 2024


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE