Basarnas Natuna ajari pelajar TK cara selamatkan diri

id Basarnas Natuna,kepri, kepulauan riau

Basarnas Natuna ajari pelajar TK cara selamatkan diri

Personel Basarnas saat menjelaskan terkait peralatan dan cara menggunakannya di Kantor Basarnas Natuna, Kamis (15/2/2024) (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) -
Kantor Basarnas Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, mengajari pelajar Taman Kanak-Kanak (TK) di daerah itu cara menyelamatkan diri saat menghadapi kecelakaan.
 
Kepala Kantor Basarnas Natuna Abdul Rahman saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Jumat, mengatakan pihaknya mengajar para pelajar TK Islam Terpadu Ibnu Abbas Bunguran Timur pada Kamis (15/2) saat para pelajar bersama gurunya mengunjungi kantornya di Jalan Adam Malik Kecamatan Bunguran Timur.
 
Rangkaian kegiatan dalam kunjungan tersebut meliputi praktik cara menyelamatkan diri, pengenalan peralatan keselamatan, cara menggunakannya, serta pengenalan tugas dan fungsi Basarnas.

Baca juga: Anggota KPPS Natuna sempat pingsan akibat kelelahan
 
"Tujuannya agar anak-anak tahu langkah apa yang harus mereka lakukan ketika mengalami kecelakaan," ucap dia.
 
Selain itu, pihaknya juga memberikan pemahaman terkait jenis kecelakaan dan tindakan-tindakan yang menyebabkan kecelakaan.
 
"Hal itu merupakan salah satu upaya mitigasi guna meminimalisir risiko akibat kecelakaan," ujar dia.
 
Usai mendapatkan pemahaman terkait peralatan serta tugas dan fungsi Basarnas, para pelajar diajak bermain permainan flying fox atau permainan meluncur menggunakan tali.
 
Baca juga: Bupati Natuna pantau TPS bersama Forkopimda
"Selain mengenalkan alat yang berada di kantor, anak-anak juga kami ajak ke pelabuhan untuk berkeliling ke dalam KN (Kapal Negara) Sasikirana," ujar dia.
 
 
Foto bersama di atas KN Sasikirana pada Kamis (15/2) (ANTARA/HO-Basarnas Natuna)
 
Ia mengatakan, sejak Januari 2024 sudah ada empat sekolah TK yang berkunjung ke kantornya.
 
"Selain dikunjungi, kami juga melakukan kegiatan kunjungan ke sekolah, namun bukan TK melainkan SMA sederajat. Tujuannya sama, namun kita juga memberikan pengetahuan cara bergabung di Basarnas dan beberapa pengetahuan lainnya," kata dia.

Baca juga:
Baznas RI apresiasi respons cepat Bawaslu Bintan-Kepri soal bansos politik

Simpanan beras di gudang Bulog Batam cukup hingga 4 bulan ke depan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE