98 ekor hiu paus terpantau bermigrasi ke perairan Kaimana

id hiu paus,migrasi hiu,perairan kaimana,kaimana papua,konservasi hiu paus,teluk bicari,teluk triton,papua barat

98 ekor hiu paus terpantau bermigrasi ke perairan Kaimana

Ilustrasi: Pengunjung berfoto dengam hiu paus di kwatisore-Nabire. (Arsip-Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih)

Kaimana (ANTARA) - Sedikitnya 98 hiu paus terpantau bermigrasi ke perairan perairan Teluk Triton dan Teluk Bicari Kaimana, Papua Barat, sejak beberapa waktu belakangan.

Kepala BLUD UPTD Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Kaimana-Fakfak Eli Auwe di Kaimana, Kamis, mengatakan sebaran hiu paus di perairan Kaimana diketahui berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan Yayasan Konservasi Indonesia (YKI) dan BLUD UPTD KKP Kaimana pada 2023.

"Tercatat ada 98 ekor hiu paus yang bergerak atau beraktivitas di perairan Teluk Bicari dan Teluk Triton menyesuaikan dengan arah serta pola bagan yang beroperasi di wilayah itu," kata Eli Auwe.

Untuk mengetahui pola pergerakan dari mamalia tersebut, kata dia, beberapa hiu paus telah dipasangi alat tag gun oleh tim dari BLUD UPTD KKP Kaimana dan YKI. Selain sebagai pendeteksi, alat itu berfungsi guna memudahkan pemantauan pola pergerakan hiu paus.

"Sewaktu-waktu pergerakannya ke perairan Pulau Adi dan Nusaulan, tetapi tidak lama karena minimnya bagan yang beroperasi di perairan itu, sehingga ikan raksasa tersebut lebih dominan ditemui wisatawan di Teluk Bicari dan Teluk Triton," kata Eli

Menurut dia, pergerakan hiu paus tidak hanya terbatas di perairan Kaimana, namun sewaktu-waktu ikan tersebut bermigrasi ke Fakfak, Sorong Selatan, Teluk Cenderawasih, Sulawesi, NTT, NTB melalui Selat Banda, bahkan sampai ke Australia dan Samudera Hindia.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Puluhan hiu paus bermigrasi ke perairan Kaimana Papua

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE