Gunung Merapi luncurkan lima kali guguran lava pada Jumat

id Merapi,guguran lava,BPPTKG,Musibah

Gunung Merapi luncurkan lima kali guguran lava pada Jumat

Ilustrasi - Gunung Merapi meluncurkan lava pijar dari Turi, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (25/4/2021). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/wsj.

Yogyakarta (ANTARA) - Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat meluncurkan guguran lava sebanyak lima kali ke arah dua sungai di selatan dan barat daya gunung.  

Kepala BPPTKG Yogyakarta Agus Budi Santoso dalam keterangan di Yogyakarta, Jumat, menyebutkan berdasarkan pengamatan pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, guguran lava dengan jarak luncur paling jauh 1.500 meter (1,5 km) itu meluncur ke arah Kali Bebeng (barat daya) dan Kali Boyong (selatan).  

Baca juga: Operasional Bandara Minangkabau kembali ditutup akibat erupsi Marapi

"Teramati 4 kali guguran lava ke arah Kali Bebeng dengan jarak luncur maksimum 1.500 meter. Teramati 1 kali guguran lava ke arah Kali Boyong dengan jarak luncur 1.000 meter," kata Agus.   

Selama periode pengamatan itu, Gunung Merapi juga mengalami 13 kali gempa guguran, dua kali gempa fase banyak, dan gempa tektonik jauh.

Asap kawah bertekanan lemah di atas puncak Gunung Merapi teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 50 meter di atas puncak kawah.

Hingga saat ini BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi pada Level III atau Siaga.

Baca juga: Gunung Semeru kembali erupsi


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Merapi luncurkan lima kali guguran lava ke arah dua sungai

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE