12 ribu calon haji dijadwalkan berangkat melalui Embarkasi Batam

id Kepri ,batam ,haji ,embarkasi

12 ribu calon haji dijadwalkan berangkat melalui Embarkasi Batam

Dokumentasi - Jamaah haji Embarkasi Hang Nadim Batam tahun 2023 di Asrama Haji Batam. (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau menyebutkan 12.000 calon haji berangkat melalui Embarkasi Hang Nadim Batam.

Kepala Kanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto di Batam, Senin, mengatakan empat provinsi yang berangkat melalui Embarkasi Hang Nadim Batam yaitu Kepri, Riau, Kalimantan Barat, dan Jambi.

"Insya Allah, kita akan melayani 12.000 calon haji melalui Embarkasi Batam dari Provinsi, Jambi, Riau, Kepri, Kalimantan Barat," ujar Mahbub.

Hingga saat ini pihaknya telah membentuk Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), yang dalam waktu dekat akan dilakukan pengukuhan.

Sementara untuk kesiapan petugas daerah, sedikitnya 200 orang telah selesai melaksanakan pelatihan kesehatan yang terintegrasi dengan Kemenag.

"Perkembangan hingga saat ini sedang persiapan pelatihan untuk petugas daerah. Terkait petugas kesehatan, kita sudah terintegrasi antara pelatihan kesehatan dan Kemenag. Ini sudah selesai di pelatihan 200 (orang) lebih," ujar dia.

Untuk musim haji tahun ini, calon haji Provinsi Riau akan masuk ke dalam asrama haji Embarkasi Hang Nadim Batam.

Sebelumnya, Provinsi Riau merupakan Embarkasi Antara Haji (EAH) atau sarana bandar udara tempat keberangkatan jamaah calon haji provinsi itu menuju ke Arab Saudi.

"Embarkasi Antara untuk Riau mau dijadikan satu dengan asrama haji Embarkasi Batam. Kecuali Jambi tetap Embarkasi Antara," ujar Mahbub.

Sedikitnya, 9.000 calon haji yang akan masuk ke Asrama Haji Batam dari tiga provinsi, yaitu Riau, Kalbar, Kepri.*

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE