DPRD imbau perusahaan di Batam bayarkan THR tepat waktu

id Kepri,batam ,THR ,idul fitri,lebaran,DPRD

DPRD imbau perusahaan di Batam bayarkan THR tepat waktu

Suasana para pekerja di Batam saat melakukan pengelasan. (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam, Kepulauan Riau mengimbau perusahaan di daerah itu membayar tunjangan hari raya (THR) paling lambat 10 hari sebelum Lebaran 2024.

Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam Udin P Sihaloho di Batam, Senin, mengatakan menjelang Idul Fitri kebutuhan masyarakat biasanya semakin meningkat ketimbang hari-hari biasa.

"Sesuai peraturan dan juga imbauan dari pemerintah paling lambat THR dibayarkan 10 hari sebelum hari H. Atau seminim-minimnya seminggu sebelum hari H," kata dia.

Ia menjelaskan besaran THR tergantung pada masa kerja seorang pekerja dan aturan masa kerja, sedangkan setiap perusahaan memiliki persentase masing-masing.

"Biasa kalau di atas satu tahun bekerja akan mendapat sebulan gaji," ujar dia.

Sejauh ini, ia mengaku belum pernah menerima pengaduan terkait dengan pembayaran THR dari para pekerja.

Ia menilai pekerja yang tidak mendapatkan THR bukannya tidak ingin mengadu, melainkan merasa pesimistis karena takut kehilangan pekerjaan.

"Selama ini tidak pernah ada pekerja yang mengadu perihal THR. Dan perusahaan mana yang pernah ditindak oleh Disnaker. Sanksinya berupa apa," katanya.

Ia berharap, THR bisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan Lebaran.

Ia mengharapkan perusahaan membayarkan THR kepada pekerja tepat waktu.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan pihaknya segera membuat surat edaran terkait dengan pembayaran THR keagamaan pada 2024 yang berisi imbauan dan panduan untuk perusahaan dalam membayar tunjangan tersebut.

“Surat edaran ini bertujuan untuk memberikan imbauan dan panduan kepada perusahaan dalam membayar THR keagamaan jelang Idul Fitri 1445 Hijriah,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan pemberian THR untuk membantu meringankan beban biaya dalam memenuhi kebutuhan para pekerja atau buruh dan keluarganya dalam menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE