Masih terjadi 193 kali gempa susulan di Tuban

id gempa tuban, gempa laut tuban, gempa timur laut tuban,Bmkg tuban, bpbd tuban,Musibah

Masih terjadi 193 kali gempa susulan di Tuban

Peta terjadinya gempa susulan di laut Tuban, Jawa Timur. ANTARA/HO-BMKG Tuban

Tuban (ANTARA) - BMKG Kabupaten Tuban, Jawa Timur mencatat masih terjadi 193 kali gempa susulan di laut kabupaten setempat.

"Sekarang ini, gempa susulan ke-193 kali yang tercatat sampai 20.28 WIB," kata Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padama di Tuban, Jawa Timur, Sabtu malam (23/3).

Zem menjelaskan gempa terakhir yang tercatat berkekuatan magnitudo 3,5 berlokasi 141 kilometer timur laut Tuban, Jawa Timur dengan kedalaman 10 kilometer.
 
Sementara itu Bupati Tuban, Aditya Halidra Faridzky mengimbau kepada masyarakat Tuban agar tetap tenang, namun waspada menghadapi gempa.

Baca juga: BMKG Tuban catat 78 kali gempa susulan

"Serta dimohon menghindari bangunan-bangunan yang retak, bangunan yang tidak layak agar tak ditempati lebih dulu. Karena dimungkinkan masih akan ada gempa susulan," katanya. 
 
Selain itu, lanjutnya, kalau ada berita-berita jalan rusak berat, rumah tingkat roboh, sampai ada gelombang laut naik ke daratan, dipastikan itu hoaks dan tidak benar.

"Dan Alhamdulillah, masyarakat Tuban masih tetap aman dan tidak ada yang diungsikan dan lain sebagainya," katanya.
 
Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik, Jawa Timur mengimbau warga Bawean untuk menempati pos pengungsian guna mengantisipasi gempa susulan.

Baca juga: 5 bangunan di Surabaya roboh terdampak gempa

"Kami imbau agar mereka yang bangunan rumahnya kurang kuat atau mengkhawatirkan, untuk menempati pos-pos pengungsian sebagai antisipasi gempa susulan saat malam hari," kata Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani usai menggelar rapat koordinasi dengan pihak terkait di Bawean, Gresik, Sabtu malam.
 
Selain itu, pihaknya langsung meninjau tenda-tenda darurat yang dibangun oleh warga sendiri pada beberapa titik di Bawean.
 
"Bapak-bapak, ibu-ibu, kalau memang kondisinya tidak memungkinkan, tidak apa-apa, sementara di tenda darurat, Insyaallah intensitas gempanya sudah mulai berkurang, ada sedikit tapi goyangannya kecil," ucapnya.

Baca juga: Gempa Tuban dirasakan hingga Kalimantan
 
Gus Yani, sapaan akrabnya, juga berharap agar para warga untuk selalu saling menjaga dan bersabar karena masih dalam keadaan darurat.
 
"Semoga bencana ini segera selesai agar semuanya dapat kembali di rumah masing-masing," katanya.

Baca juga:
Gempa susulan bermagnitudo 6,5 di timur laut Tuban dirasakan hingga Kota Malang

 BMKG catat delapan kali gempa susulan di Tuban


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG catat masih terjadi 193 kali gempa susulan di laut Tuban

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE