Pemprov Kepri resmi luncurkan program beasiswa mahasiswa tahun anggaran 2024

id Program beasiswa kepri,beasiswa Kepri,kepri,program beasiswa mahasiswa,beasiswa perguruan tinggi,beasiswa kuliah,beasiswa pemerintah,pemprov kepri

Pemprov Kepri resmi luncurkan program beasiswa mahasiswa tahun anggaran 2024

Gubernur Kepri Ansar Ahmad meluncurkan program beasiswa mahasiswa/i tahun anggaran di Aula Wan Seri Beni Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Rabu (27/3/2024). (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) resmi meluncurkan program beasiswa mahasiswa/mahasiswi tahun anggaran 2024 untuk 1.500 penerima manfaat dengan total anggaran senilai Rp4,5 miliar.

"Pendaftaran resmi dibuka mulai hari ini, tanggal 27 Maret 2024 hingga 3 Mei 2024," kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad usai meluncurkan program beasiswa mahasiswa/i di Aula Wan Seri Beni Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang, Rabu.

Gubernur Ansar menyebut pendaftaran program beasiswa tersebut dapat dilakukan secara online, melalui website https://beasiswa.kepriprov.go.id.

Hal ini tentu akan mempermudah bagi para mahasiswa untuk mendaftar, baik yang sedang berkuliah di dalam maupun luar Kepri.

"Jadi, mahasiswa yang tengah berada di Natuna hingga Yogyakarta bisa daftar via online, tanpa perlu datang langsung ke kantor Gubernur Kepri," ucap Ansar.

Baca juga: Bulan Dana PMI 2023 di Batam terkumpul dana Rp1,5 miliar

Gubernur Ansar menyampaikan program beasiswa ini hanya menyasar mahasiswa/i Diploma (D3), Diploma IV dan Strata 1 (S1).

Ia berkomitmen bakal meningkatkan anggaran beasiswa di tahun-tahun berikutnya agar jumlah penerima manfaat dari program ini makin bertambah.

"Kalau sekarang anggaran beasiswa masih Rp4,5 miliar, tetapi ke depan kita upayakan mencapai Rp10 miliar," ucap Ansar.

Sementara, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kepri Aiyub menyatakan dari total 1.500 sasaran program beasiswa mahasiswa/i tersebut masing-masing bakal menerima dana beasiswa sebesar Rp3 juta.

Adapun rincian penerimanya, terdiri atas D3 jalur prestasi dalam daerah Kepri (exact dan nonexact) sebanyak 100 orang.

Kemudian, D3 kurang mampu dalam daerah Kepri (exact dan nonexact) sebanyak 100 orang. Lalu, S1/Diploma IV jalur prestasi dalam daerah Kepri (exact dan nonexact) sebanyak 250 orang.

Baca juga: Kemlu RI kunjungi BP Batam, bahas peluang investasi

Selanjutnya, S1 jalur kurang mampu dalam daerah Kepri (exact dan nonexact) sebanyak 750 orang, serta jalur prestasi luar daerah Kepri (exact dan nonexact) sebanyak 300 orang.

"Untuk jadwal dan persyaratan lengkapnya bisa dilihat di laman website https://beasiswa.kepriprov.go.id," ungkap Aiyub.

Aiyub menambahkan program beasiswa mahasiswa/i bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kepri, sehingga mampu menjadi generasi penerus yang kompetitif, produktif, dan inovatif memajukan bangsa Indonesia.

Pemprov Kepri bersama DPRD terus berkomitmen meningkatkan mutu pendidikan, terutama dari segi program beasiswa setiap tahunnya, sehingga pelayanan dasar pendidikan merata ke semua lapisan masyarakat.

"Kami berupaya maksimal program ini terlaksana setiap tahunnya, bahkan anggarannya akan ditambah sesuai kemampuan APBD Kepri," kata Aiyub.

Baca juga:
KLHK beri perhatian khusus terhadap karhutla di Kabupaten Natuna

Partisipasi pemilih pada pemilu di Natuna telah lampaui target KPU

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE