Pemkab Natuna tambah trayek kapal cepat Binjai-Sedanau selama musim mudik Lebaran

id Arus mudik,natuna, kepri

Pemkab Natuna tambah trayek kapal cepat Binjai-Sedanau selama musim mudik Lebaran

Para petugas saat membantu penumpang masuk ke dalam kapal tujuan Binjai Sedanau pada Senin (8/4) pagi. (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), menambah frekuensi trayek kapal cepat dari Binjai ke Sedanau dan sebaliknya jelang dan selama Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Natuna Allazi di Natuna, Senin, mengatakan frekuensi ditambah mulai lima hari Lebelum lebaran dan lima hari setelah Lebaran.

"Biasanya satu kali satu hari dari dan ke Binjai," ucap dia.

Tujuan ditambahnya trayek, kata dia, ntuk mengurangi kemacetan atau memperlancar arus mudik di Pelabuhan Binjai.

Baca juga: Direktur KPLP sebut arus mudik di pelabuhan Karimun lancar dan kondusif

"Kapalnya melayani pagi dan sore, pagi Pukul 07.30 WIB dari Sedanau ke Binjai, pukul 08.00 WIB dari Binjai ke Sedanau, siangnya pukul 15.30 WIB Sedanau ke Binjai, dan pukul 16.00 WIB Binjai Sedanau," ujar dia.

Selain menambah trayek,  kata dia, agar arus mudik berjalan dengan lancar, pihaknya menyiagakan personel di seluruh pelabuhan.

"Mereka (personel) bergabung dengan Polri dan TNI serta stakeholder terkait lainnya di pos pelayanan, pos pengaman, dan pos terpadu, di setiap wilayah," imbuh dia.

Baca juga: Pemkab Natuna sediakan kapal untuk warga mudik ke Pulau Laut

Sementara itu Kepala Seksi pengembangan Dishub Natuna Joko Susanto mengatakan arus mudik pada Senin (8/4) pagi terbilang normal.

"Naik tadi (Pelabuhan Binjai) sekitar 46 orang," ucap dia.

Menurut dia, arus mudik terpantau padat pada Minggu (7/4) sore. Meski demikian, arus mudik berjalan dengan aman dan lancar.

"Tapi semalam banyak, kapal penuh, yang berangkat (dari Binjai) pagi semalam 32 penumpang, sorenya (dari Binjai) 98 orang," ucap dia.

Baca juga:
Kapolda Kepri tinjau Pelabuhan Kapal Roro Batam pastikan pemudik aman

Dinkes Kepri beri saran jaga tubuh tetap prima selama mudik Lebaran

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE