Kapal asing terbakar di perairan Bintan

id KRI Lepu-861,kapal kebakaran,MV Layar Anggun 8,kapal berbendera Tanzania,Koarmada I,TNI AL,TNI Angkatan Laut

Kapal asing terbakar di perairan Bintan

Prajurit TNI AL dari Tim Penanggulangan Kebakaran (PEK) KRI Lepu-861 yang bernaung di bawah Koarmada I TNI Angkatan Laut memadamkan api yang membakar kapal berbendera Tanzania MV Layar Anggun 8 di perairan utara Tanjung Berakit, Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (16/4/2024). ANTARA/HO-Dinas Penerangan TNI AL

Jakarta (ANTARA) - Kapal berbendera Tanzania MV Layar Anggun 8 
terbakar saat berlayar di perairan utara Tanjung Berakit, Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Kapal perang dari Koarmada I TNI Angkatan Laut KRI Lepu-861 membantu memadamkan api.

Kadispen Koarmada I TNI AL Kolonel Laut (P) Yoni Nova Kusumawan saat dihubungi di Jakarta, Rabu, menjelaskan bahwa prajurit TNI AL yang tergabung dalam Tim Penanggulangan Kebakaran (PEK) KRI Lepu berhasil naik ke atas kapal dan mendinginkan beberapa titik api yang tersisa di MV Layar Anggun 8.

Kolonel Laut (P) Yoni mengatakan kapal berbendera Tanzania yang terbakar itu dalam keadaan kosong karena seluruh ABK berjumlah 12 orang meninggalkan kapal. Mereka diselamatkan tim penyelamat dari kapal patroli Singapura.

"Untuk ABK, dibawa ke Singapura oleh tim rescue Singapura. Terkait dengan itu kami belum dapat informasi lebih lanjut," kata Kadispen Koarmada I.

Kapal MV Layar Anggun 8 ditemukan terbakar pada hari Selasa (16/4) pukul 15.10 WIB oleh prajurit Koarmada I TN AL. Selanjutnya, KRI Lepu-861, yang dipimpin oleh Mayor Laut (P) Zul Supri Nazara, berkoordinasi dengan otoritas pelayaran di Batam dan berusaha mendekat ke kapal yang terbakar.

KRI Lepu lantas berhenti pada jarak 600 yard dari kapal yang terbakar, kemudian sekoci diturunkan untuk mencermati kondisi kapal. MV Layar Anggun 8 saat itu dalam kondisi kandas di karang.

Di tengah pemadaman, kapal-kapal lain KN Sarotama dan KN Rantos mendekat untuk membantu mematikan api yang saat itu makin besar.

Pemadaman berlangsung selama beberapa jam sampai akhirnya pada hari Rabu pukul 05.45 WIB api padam.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KRI Lepu-861 bantu padamkan kapal asing yang terbakar di Kepri

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE