PVMBG perluas jarak rekomendasi Gunung Ruang menjadi tujuh kilometer

id pvmbg,gunung ruang,gunung ruang erupsi,gunung meletus,gunung ruang awas,rekomendasi pvmbg,kepulauan sitaro,abu vulkanik ,bencana,waspada,musibah,benca

PVMBG perluas jarak rekomendasi Gunung Ruang menjadi tujuh kilometer

Abu vulkanik dan awan panas menyebar ke segala arah akibat aktivitas erupsi yang terjadi di Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Selasa (30/4/2024). (ANTARA/HO-PVMBG)

Jakarta (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) memperluas jarak rekomendasi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, dari sebelumnya hanya enam kilometer kini menjadi tujuh kilometer.

Penyelidik Bumi Madya Hetty Triastuty mengatakan perluasan jarak rekomendasi itu dilakukan akibat aktivitas vulkanik yang terjadi berupa awan panas, lontaran bebatuan, dan kolom abu setinggi lima kilometer pada pukul 08.35 WITA.

"Kami amati perkembangan Gunung Ruang dini hari tadi bahwa memang batu-batu material erupsi mencapai daerah yang cukup jauh radiusnya. Jadi, dengan mempertimbangkan hal itu kami mundurkan kembali menjadi ada perbaikan perluasan tujuh kilometer," kata Hetty dalam konferensi pers yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Pada 30 April 2024 pukul 01.30 WITA PVMBG kembali menaikkan status Gunung Ruang dari sebelumnya Siaga menjadi Awas seiring dengan peningkatan aktivitas vulkanik dan kegempaan di gunung api tersebut.

PVMBG meminta penduduk di sekitar Gunung Ruang untuk tidak memasuki wilayah radius tujuh kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang. Sedangkan penduduk yang masuk dalam jarak rekomendasi agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius tujuh kilometer tersebut.

Baca juga:
Gunung Ruang kembali berstatus awas setelah kembali erupsi

Bandara Sam Ratulangi tutup hingga Rabu Siang


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PVMBG perluasan jarak rekomendasi Gunung Ruang jadi tujuh kilometer

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE