PVMBG: Erupsi merusak stasiun seismik di Gunung Ruang

id gunung ruang,gunung ruang awas,gunung meletus,stasiun seismik rusak,awan panas ruang,erupsi gunung ruang,sulut,sulawesi utara,aktivitas vulkanik,musib

PVMBG: Erupsi merusak stasiun seismik di Gunung Ruang

Pendar cahaya merah muncul saat peristiwa erupsi Gunung Ruang yang berada di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, Selasa (30/4/2024) (ANTARA/HO-PVMBG)

Jakarta (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan peristiwa erupsi Gunung Ruang yang terjadi dini hari tadi merusak stasiun seismik yang berfungsi untuk merekam berbagai aktivitas kegempaan gunung api.

Penyelidik Bumi Madya Hetty Triastuty mengatakan stasiun seismik itu dibangun di pinggir pantai Pulau Ruang yang berjarak sekitar dua kilometer dari pusat kawah aktif.

"Alat kami mati tidak berapa lama setelah kejadian erupsi dini hari tadi," ujarnya dalam konferensi pers yang dipantau di Jakarta, Selasa.

Hetty menuturkan meski stasiun seismik di Pulau Ruang rusak akibat erupsi, namun pihaknya masih punya stasiun seismik pada pos pengamatan gunung api yang terletak di Pulau Tagulandang.

Stasiun seismik yang masih beroperasi di Pulau Tagulandang itu berjarak lebih jauh daripada alat yang ada di Pulau Ruang.

Baca juga: Pemkab Sitaro-Sulut perpanjang status tanggap darurat Gunung Ruang

Meski demikian, PVMBG juga mendapatkan bantuan dari beberapa pos pengamatan gunung api yang ada Sulawesi Utara dan Maluku.

"Saat ini (aktivitas vulkanik dan kegempaan) menunjukkan relatif lebih tenang dibandingkan semalam dan dini hari tadi," pungkas Hetty.

Stasiun seismik Gunung Ruang pernah mengalami kerusakan akibat erupsi yang terjadi pada 17 April 2024. Tim Badan Geologi memasang stasiun pengganti di pos pengamatan Gunung Ruang dan mulai beroperasi pada 20 April 2024.

Gunung Ruang memiliki ketinggian puncak 725 meter di atas permukaan laut dan sekaligus membentuk satu pulau tersendiri yang terpisah dengan pulau lainnya.

Gunung yang bertipe strato dengan kubah lava itu secara administratif berada di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

Baca juga:
Bandara Sam Ratulangi tutup hingga Rabu Siang

Akibat abu vulkanik Gunung Ruang, Bandara Djalaluddin Gorontalo ditutup sementara



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Erupsi merusak stasiun seismik di Gunung Ruang

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE