Pemkot Batam berikan uang saku sebesar Rp1 juta untuk tiap calon haji

id Kepri,batam ,haji ,kemenag,uang saku,Provinsi Kepulauan Riau

Pemkot Batam berikan uang saku sebesar Rp1 juta untuk tiap calon haji

Wali Kota Batam Muhammad Rudi memberikan uang saku Rp1 juta untuk tiap calon haji secara simbolis (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau memberikan uang saku sebesar Rp1 juta untuk setiap calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji tahun ini.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Batam, Selasa, mengatakan pihaknya menyiapkan dana Rp731 juta untuk memberikan uang saku kepada 731 warga Kota Batam yang diberangkatkan ke Tanah Suci untuk berhaji pada tahun 2024.

Baca juga: KSAU resmikan tugu pesawat Lanud RSA Natuna Kepri

"Uang saku akan ditransfer ke rekening masing-masing jamaah, karena anggaran yang di Pemkot Batam tidak menggunakan tunai," kata Rudi.

Rudi berpesan kepada jamaah dari daerah itu agar saling menjaga selama proses keberangkatan, pelaksanaan ibadah di Tanah Suci, hingga pulang ke Indonesia.

"Saya sudah sampaikan kepada jamaah calon haji kita untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan, sehingga 731 yang berangkat, yang kembali pun 731 juga," kata dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Batam Zulkarnain mengatakan bahwa pemberian uang saku untuk calon haji dilakukan menggunakan dana hibah dari Pemerintah Kota Batam ke Kantor Kementerian Agama.

"Uang saku itu ditransfer, setiap calon haji mendapatkan Rp1 juta, artinya pemberiannya non-tunai," katanya.

Sebelumnya, jamaah calon haji Embarkasi Batam berangkat ke Tanah Suci menggunakan jasa maskapai Saudi Airlines dengan jenis pesawat Boeing 747 untuk penerbangan musim haji 1445 Hijriah.

Baca juga: Gubernur Ansar: Peresmian ponton HDPE Tarempa perlancar akses warga pesisir

Kepala Kanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto mengatakan pada tahun ini terdapat 28 kelompok terbang (kloter) haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Batam.

"Tahun ini kembali ke kloter awal, yaitu 28 kloter, pesawat besar Boeing 747. Tahun lalu kita sampai 35 kloter, karena pakai pesawat kecil. Muatan sekali angkut 450 orang, tahun lalu 375 orang," kata Mahbub.

Baca juga: Waskita Beton bangun halaman kontainer di Batam senilai Rp360 miliar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE