Pemkot Batam targetkan galang dana Rp2 M untuk korban longsor di Sumbar

id Kepri,batam ,galang dana ,korban ,sumbar ,longsor ,banjir,pemkot batam,Badan Amil Zakat Nasional,Persatuan Mubaligh Batam,Ikatan Persaudaraan Imam Mas

Pemkot Batam targetkan galang dana Rp2 M untuk korban longsor di Sumbar

Pemkot Batam melakukan rapat persiapan penggalangan dana untuk korban longsor dan banjir di Sumatera Barat (ANTARA/HO-Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau menargetkan Rp2 miliar dalam penggalangan dana untuk korban banjir dan longsor di Sumatera Barat.

Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid di Batam, Jumat, mengharapkan dengan dibuka donasi ini  masyarakat setempat dapat memberikan bantuan terbaiknya untuk meringankan beban yang dialami korban bencana.

Dia menjelaskan duka ini bukan hanya dirasakan masyarakat Sumatera Barat, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia.

“Pagi ini kita rapat bersama perangkat daerah, ormas Islam, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Persatuan Mubaligh Batam (PMB), Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM), Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Batam, Badan Musyawarah Guru Qur’an (BMGQ) untuk membahas lebih lanjut terkait rencana open donasi ini. Tadi sudah disusun kepanitiaan dan surat imbauan Wali Kota Batam,” ujar dia.

Berdasarkan rencana, pengumpulan donasi tersebut berlangsung selama satu bulan.

“Atas nama Wali Kota Batam, mengimbau agar masyarakat Kota Batam menyisihkan sedikit rezekinya untuk membantu saudara kita di Sumatera Barat yang ditimpa bencana,” ujar dia.

Baca juga: Dinkes Tanjungpinang lanjutkan program layanan KB gratis hingga Juni 2024

Dengan begitu kepada seluruh peserta rapat yang hadir, ia menegaskan, agar dapat menyampaikan imbauan terkait pengumpulan donasi ini kepada masyarakat.

"Begitu juga kepada Dinas Pendidikan diminta untuk menginformasikan pengumpulan donasi ini kepada seluruh sekolah," ujar dia.

Selain itu, Dinas Tenaga Kerja Kota Batam diharapkan dapat menyampaikan informasi pengumpulan donasi ini kepada perusahaan yang ada di Kota Batam.

“Karena untuk mengumpulkan donasi ini, harus ada izin dari Wali Kota agar langkah yang kita lakukan sah,” kata Jefridin.

Ia mengatakan sebagai bentuk sosialisasi atas aksi yang dilakukan ini, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat akan membuat spanduk dan memasang tenda di tiga titik lokasi simpang lampu merah.

“Surat imbauan dan SK akan ditandatangani Bapak Wali Kota per tanggal hari ini. Mari kita sisihkan sedikit rezeki kita untuk saudara kita yang saat ini mengalami musibah. Semoga melalui bantuan yang kita berikan dapat mengurangi beban saudara kita,” ujar dia.

Baca juga: Kemensos berikan bantuan ke pelaku usaha di Natuna Kepri

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE