107 atlet Kepri ikuti tes fisik jelang PON 2024

id koni kepri, usep rs, pon,pon sumut aceh,kepri,koni

107 atlet Kepri ikuti tes fisik jelang PON 2024

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepri menggelar kegiatan VO2 Max atau tes kebugaran. Kegiatan berlangsung di Stadion Sepakbola Citra Mas Nongsa Kota Batam dimulai Kamis 23 Mei-24 Mei 2024. (ANTARA/ HO-KONI Kepri)

Batam (ANTARA) - Sebanyak 107 orang atlet Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dari berbagai cabang olahraga menjalani VO2 Max atau tes kebugaran di Batam pada Kamis dan Jumat (23-24/5), menjelang penyelenggaraan PON XXI Aceh Sumut 2024. 

Ketua Umum KONI Kepuluan Riau Usep RS mengatakan, tes fisik dilakukan untuk mengukur kekuatan atlet sebelum pelaksanaan training center (TC) berjalan, pada Mei ini.

"Kita akan lihat fisik atlet kita sebelum mereka melakukan TC. Nanti akan dilihat, apa yang harus diperbaiki dan menjadi evaluasi tim nantinya saat TC," kata Usep dalam keterangan, Jumat.

"Sebelumnya kita juga sudah tes kesehatan atlet, dan kemudian yang terakhir tes fisik. Tes kesehatan dan fisik ini akan menjadi bahan dasar untuk evaluasi atlet jelang TC berjalan," kata dia.

Ia mengatakan tes kebugaran yang digelar Kamis dan Jumat itu berada dalam pengawasan konsultan dari Universitas Negeri Padang (UNP) dibawah komando Prof Syahrial. 

"Kepada para atlet untuk benar-benar menjalani kegiatan tes kebugaran ini dengan baik. Karena dari kegiatan ini akan terlihat sampai di mana level kebugaran yang dimiliki oleh para peserta ," ujar Usep RS.

Ia mengatakan dari tes fisik yang dijalani, maka KONI Kepri akan merekapitulasi data kemampuan fisik para atlet. 

"Setelah itu dari nilai yang sudah direkap, konsultan akan melakukan penilaian dan menentukan sejauh mana  level yang sudah diraih," kata Usep.

Menurut dia, tes fisik dilaksanakan untuk mengetahui evaluasi atlet satu atau dua bulan ke depan. 

"Kalau tidak ada perkembangan tentu kita evaluasi. Makanya, kalau saat ini ada atlet yang tidak mencapai standar minimal, tim akan melaporkan kepada kita," kata dia.

Ia mengatakan atlet akan dinilai sesuai dengan cabang olahraganya. Karena ada cabor yang tes fisiknya ringan, sedang dan berat.

"Ini adalah inovasinya kita lakukan berdasarkan sport science. Dalam beberapa hari ke depan kita akan dapat laporannya. Dari laporan itu kita akan evaluasi," kata dia.

Dia berharap para atlet tetap menjaga fisik dengan pola makan, pola istirahat setelah tes dilaksanakan.

Sementara itu, kegitan itu diikuti 107 atlet dari 31 cabang olahraga yang berasal dari tujuh kabupaten kota di Kepri.

Pembukaan di hari pertama dihadiri langsung Ketua Umum KONI Kepri Usep RS didampingi sejumlah pengurus seperti Asmin Patros, Buralimar, Suyono, Syawal, Heru Mardianto dan pengurus lainnya.

Wakil Ketua KONI Kepri Asmin Patros mengatakan pihaknya menggelar tes kebugaran diikuti oleh para atlet Provinsi Kepri yang lolos PON XXI Aceh Sumut 2024.

"Kegiatan  ditaja untuk menunjukkan berapa tingkat dari kebugaran atlet yang akan mengikuti PON Aceh Sumut yaitu sebanyak 107 atlet yang berasal dari 31 cabang olahraga (cabor) yang berasal dari 7 kabupaten kota di Kepri," kata Asmin Patros.

Asmin Patros berharap para atlet memberikan yang terbaik dalam Tes Fisik ini. 


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE