Gunung Marapi di Sumbar kembali erupsi

id gunung marapi,erupsi marapi,gunung marapi meletus,pos pengamatan gunung api,kamis siang,gunung sumatera barat

Gunung Marapi di Sumbar kembali erupsi

Letusan Gunung Marapi Sumbar kembali terjadi setinggi dua kilometer, Kamis (30/5/2024). Antara/Altas Maulana. 

Bukittinggi,- (ANTARA) -
Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) kembali erupsi yang terlihat jelas dari berbagai daerah di provinsi setempat, termasuk Kota Bukittinggi, dengan lontaran abu vulkanik dua kilometer.
 
"Telah terjadi erupsi Gunung Marapi pada pukul 13.04 WIB dengan tinggi kolom abu teramati 2.000 meter di atas puncak atau 4.891 meter di atas permukaan laut," kata Petugas Gunung Api Ahmad Rifandi di Bukittinggi, Kamis.
 
Gunung Marapi saat ini berstatus Level III atau Siaga.
 
PGA mencatat kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 30.4 mm dan durasi sementara 2 menit 2 detik.
 
"Gunung Marapi berada pada status Level III dengan rekomendasi masyarakat tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (kawah verbeek)," kata dia.
 
Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi diminta selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi, terutama saat musim hujan.
 
Sementara itu, suara dentuman erupsi Gunung Marapi membuat warga di Kabupaten Agam berhamburan keluar rumah. 
 
 
 
 
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Marapi kembali erupsi Kamis siang, lontarkan abu setinggi 2 km

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE