Gunung Marapi lontarkan abu vulkanik lagi setinggi 600 meter

id gunung marapi,erupsi marapi,erupsi gunung marapi,Agam,Tanah Datar,Sumbar,Padang,Gunung Api,Masker,Hujan Abu,PVMBG ,Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Benc

Gunung Marapi lontarkan abu vulkanik lagi setinggi 600 meter

Erupsi Gunung Marapi yang dipantau dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). ANTARA/Muhammad Zulfikar.

Padang (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui Pos Pengamatan Gunung Api Sumatera Barat melaporkan, Gunung Marapi kembali erupsi dengan melontarkan abu vulkanik setinggi 600 meter.

"Telah terjadi erupsi Gunung Marapi pada 10 Juni 2024 pukul 11.26 WIB dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 600 meter di atas puncak, atau 3.491 meter di atas permukaan laut," kata petugas Pengamatan Gunung Marapi Teguh di Padang, Senin.

Teguh menjelaskan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat laut. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum dua milimeter, dengan durasi sementara sekitar 46 detik.

Saat ini gunung api yang berada di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar tersebut berada pada status level III (siaga).

PVMBG telah mengeluarkan sejumlah rekomendasi di antaranya melarang masyarakat, pengunjung atau wisatawan memasuki atau berkegiatan dalam wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (Kawah Verbeek).



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gunung Marapi kembali lontarkan abu vulkanik setinggi 600 meter

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE