Euro 2024, Portugal taklukkan Republik Ceko 2-1

id Francisco Conceicao,Timnas Portugal,Timnas Republik Ceko,Euro 2024,Grup F Euro 2024,Lukas Provod,Robin Hranac,Timnas Tur

Euro 2024, Portugal taklukkan Republik Ceko 2-1

Pertandingan grup F piala eropa 2024 Portugal Vs Rep.Ceko. (ANTARA/Dasri/Nurul)

Jakarta (ANTARA) - Gol pemain pengganti Francisco Conceicao mengantarkan Portugal mengalahkan Republik Ceko dengan skor 2-1 pada pertandingan Grup F Euro 2024 di Stadion Redbull Arena, Leipzig, Rabu dini hari WIB.
 
Selain berkat gol dari Conceicao, Portugal meraih kemenangan lewat gol bunuh diri Robin Hranac setelah sebelumnya sempat tertinggal dari Republik Ceko akibat gol Lukas Provod, demikian catatan UEFA.
 
Berkat kemenangan ini Portugal menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup F dengan tiga poin dari satu laga, sedangkan Republik Ceko berada di posisi ketiga.
 
Di pertandingan ini Portugal mendominasi jalannya pertandingan, namun disiplinnya lini pertahanan Republik Ceko membuat laga menjadi sengit.
 
Pada babak pertama kedua negara bermain terbuka, namun Portugal mendapatkan peluang terlebih dahulu setelah umpan silang Rafael Leao dapat disambut sundulan Cristiano Ronaldo, namun bola masih menyamping dari gawang Ceko. 
 
Portugal menciptakan peluang emas, kali ini setelah umpan terobosan Bruno dapat disambut tendangan Cristiano, akan tetapi masih dapat dihalau kiper Ceko Jindrich Stanek.
 
Selecao terus menggempur lini pertahanan Ceko, namun hingga turun minum skor imbang tanpa gol tetap bertahan.
 
Memasuki babak kedua, jalannya pertandingan tidak berubah karena Portugal tetap menunjukkan dominasinya atas Ceko.
 
Portugal memiliki peluang emas lewat tendangan bebas yang dilepaskan oleh Cristiano Ronaldo, namun bola masih dapat diamankan oleh Stanek.
 
Terus tertekan sepanjang laga, secara mengejutkan Ceko mampu mencuri keunggulan terlebih dahulu melalui tendangan terukur Lukas Provod yang mengoyak jala gawang Portugal sehingga skor berubah menjadi 1-0 pada menit 62.
 
Portugal akhirnya mampu membobol gawang dari Ceko pada menit 69 berkat gol bunuh diri Robin Hranac yang gagal mengantisipasi bola muntah tepisan Stanek sehingga skor kembali sama kuat 1-1.
 
Berhasil menyamakan kedudukan, Portugal terus berupaya untuk berbalik unggul, salah satunya lewat tendangan Vitinha yang masih dapat ditepis Stanek.

Ceko berbalik memberikan ancaman melalui skema serangan balik dan menciptakan peluang lewat tendangan Tomas Soucek yang masih menyamping dari gawang Diogo Costa.
 
Portugal sempat membuat membalikkan keadaan menjadi 2-1 lewat sundulan Diogo Jota, akan tetapi dianulir oleh VAR karena Cristiano Ronaldo lebih dulu berada dalam posisi offside.
 
Selecao akhirnya mampu benar-benar membalikkan keadaan melalui gol yang yang dicetak oleh Francisco Conceicao memanfaatkan kesalahan lini belakang Ceko sehingga skor berubah menjadi 2-1 pada menit 90+2. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan usai.
 
Selanjutnya Portugal akan menghadapi Turki pada lanjutan pertandingan Grup F, Sabtu (22/6), sedangkan Republik Ceko akan ditantang Georgia, di hari yang sama.


Turki menang dari Georgia...

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE