KPU Natuna : 45 persen pemilih di sudah dicoklit

id Natuna ,Pilkada ,KPU Natuna ,Pantarlih ,Coklit

KPU Natuna : 45 persen pemilih di sudah dicoklit

Proses coklit di Natuna (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau menyebutkan petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) telah berhasil mencoklit 45 persen atau 26.790 pemilih dari 58.268 DP4 di daerah setempat.
 
Ketua KPU Kabupaten Natuna Kusnaidi di Natuna, Minggu mengatakan capaian tersebut berkat kegigihan petugas dan tingginya antusias masyarakat menyukseskan tahapan Pilkada.
 
Kusnaidi mengapreasiasi dan mengucapkan terima kasih kepada petugas dan masyarakat yang telah membantu pihaknya menyukseskan tahapan Pilkada.
 
"Coklit dimulai 24 Juni kemarin," ucap dia.
 
Sementara Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Natuna Bahrul Amin mengatakan dua desa di Natuna telah selesai di coklit.
 
"Desa Payak dan Meliah Selatan sudah selesai di coklit," ucap dia.
 
Melihat capaian petugas Pantarlih Bahrul optimis Pemuktahiran data akan selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan.
 
"Masa tugas petugas Pantarlih selama satu bulan," ujar dia.
 
Menurut dia, tahapan pemuktahiran data merupakan tahapan krusial pasalnya berhubungan dengan data pemilih.
 
Oleh karena itu, pihaknya akan terus memonitoring proses pencoklitan yang dilakukan oleh Pantarlih melalui panitia pemungutan suara dan dibantu oleh pengawas desa dan kelurahan.
 
"Buruh kolaborasi dalam menyukseskan tahapan ini," imbuh dia.
 
Ia mengungkapkan minimnya internet di pulau-pulau penyangga membuat petugas pantarlih mendapat sedikit kesulitan dalam menginput data pemilih yang sudah selesai di coklit di e-coklit.
 
"Mereka mendata secara manual terlebih dahulu, kemudian petugas akan mencari lokasi yang memiliki sinyal yang bagus untuk menginput data ke dalam e-coklit," tutur dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE