BMKG semai 18.400 kilogram garam di langit Riau

id bmkg,antisipasi karhutla,modifikasi cuaca,karhutla riau,bpbd riau

BMKG semai 18.400 kilogram garam di langit Riau

Salah satu contoh pesawat jenis Casa saat menyemai garam di langit untuk mencegah karhutla. ANTARA/Dok.

Pekanbaru (ANTARA) - BMKG sejak 14 Juni hingga 3 Juli 2024 sudah menyemai 18.400 kilogram garam ke langit Riau untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui Operasi Modifikasi Cuaca (OMC).

"Hasil OMC selama 20 hari itu menggunakan satu unit pesawat Casa 212-400 A-2116, dioperasikan oleh kru penerbang Skadron 4 TNI AU, digunakan dalam 23 sorti penerbangan penyemaian awan," kata Koordinator Laboratorium Pengelolaan Tekhnologi Modifikasi Cuaca (TMC) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Budi Harsoyo kepada wartawan di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan operasi OMC ini mampu meningkatkan tinggi muka air tanah gambut di Provinsi Riau. Berdasarkan evaluasi hasil OMC, kata dia, terjadi kenaikan tinggi muka air tanah di area gambut.



Budi Harsoyo mengatakan kenaikan tinggi muka air tanah gambut pada beberapa stasiun observasi di Riau menunjukkan kisaran kenaikan 4 sampai 28 sentimeter.

"Kondisi ini mengindikasi bahwa hujan akibat intervensi OMC mampu berkontribusi terhadap pembasahan lahan gambut supaya tidak mudah terbakar, terutama memasuki puncak musim kering di Riau," katanya.






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Antisipasi karhutla, 18.400 kg garam disemai untuk OMC di Riau  

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE