Cegah penyakit, Pemprov Kepri galakkan program promotif preventif

id Program promotif preventif kesehatan,kepri, pemprov kepri,ansar, gubernur kepri

Cegah penyakit, Pemprov Kepri galakkan program promotif preventif

Gubernur Kepri Ansar Ahmad. (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) menggalakkan program promotif dan preventif kesehatan di tengah-tengah masyarakat agar hidup sehat mandiri sehingga terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya yang berpotensi mengancam nyawa.

"Mulai tahun depan kami galakkan lagi program promotif preventif di bidang kesehatan," kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad di Tanjungpinang, Selasa.

Gubernur menyebut program promotif preventif harus dilakukan secara sungguh-sungguh guna mengurangi beban rumah sakit, khususnya dalam menangani penyakit dengan prevalensi tinggi di Kepri seperti jantung, gagal ginjal, darah tinggi, hingga kanker.

Ia optimistis penyakit-penyakit yang tergolong dalam kategori katastropik itu bisa dicegah sejak ini melalui program promotif preventif kesehatan yang berkelanjutan.

Melalui program itu, kata dia, warga dengan sendirinya mampu mengantisipasi dan menjaga diri serta orang-orang tersayang dari penyebab penyakit berisiko tinggi pada kematian tersebut.

"Selain melengkapi sarana dan prasarana kebutuhan rumah sakit, namun program pencegahan juga tak kalah penting dilakukan," ujar Gubernur Ansar.

Oleh karenanya ia meminta Pemprov Kepri melalui Dinas Kesehatan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten/kota sampai ke puskesmas supaya memberikan perhatian yang sama terhadap program promotif preventif.

Semua pihak-pihak terkait harus melakukan langkah-langkah identifikasi di lapangan agar program promotif preventif lebih tepat sasaran.

Ia juga meminta dinas-dinas terkait terkait mengerahkan tenaga penyuluh sampai ke tingkat kelurahan dan desa guna memberikan pemahaman tentang penerapan pola hidup bersih dan sehat.

"Contohnya Dinas Pertanian punya tenaga penyuluh pertanian, itu bisa digerakkan untuk sosialisasi bagaimana sistem pertanian sehat, karena sebagian petani mengeluh terkena sakit jantung, dan itu dikhawatirkan dipicu, misalnya penggunaan pupuk yang tidak sehat," ungkap Ansar.

Selain itu Gubernur Ansar turut mendorong kegiatan rutin masyarakat, seperti senam pagi, karena itu menjadi bagian penting dalam menjaga jasmani tetap sehat walafiat.

"Dinas Kesehatan bersama Dinas Pemuda dan Olahraga bisa berkolaborasi melaksanakan senam rutin untuk masyarakat," ucap Gubernur Ansar.

Ia menambahkan Pemprov Kepri terus berusaha maksimal supaya masyarakat senantiasa menjaga kebugaran tubuh dari waktu ke waktu, karena kesehatan modal penting dalam melakukan berbagai aktivitas fisik sehari-hari.

Baca juga:
Pemprov Kepri cabut moratorium izin pertambangan di Lingga

KPU Batam ingatkan pemilih untuk cek nama di DPT online

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE