Pemkab Natuna terima penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan

id BPJS Kesehatan ,Universal Health Coverage (UHC),Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin ,Pemkab Natuna,bpjs kesehatan natuna, natuna, kepri,jkn, jaminan kesehat

Pemkab Natuna terima penghargaan UHC dari BPJS Kesehatan

Bupati Natuna Wan Siswandi (tengah) saat foto bersama usai menerima penghargaan. (ANTARA/HO-Pemkab Natuna)

Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) kategori utama dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Jakarta, Kamis.
 
Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Natuna Muhammad Asyir Annur saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Kamis, mengatakan penghargaan tersebut diberikan kepada 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota yang salah satu di antaranya Kabupaten Natuna.
 
Ia menjelaskan penghargaan yang diterima oleh Pemkab Natuna, merupakan kategori tertinggi. Capaian itu, berkat komitmen menjamin pelayanan kesehatan masyarakat melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
 
"Pemkab Natuna mendapatkan penghargaan kategori paling tinggi yaitu kategori utama (dari tiga kategori yang ada) karena sudah mendaftarkan masyarakatnya ke dalam program JKN sejak 2019 sampai  sekarang," ucap dia.
 
Adapun total peserta JKN asal Natuna yang terdaftar di BPJS Kesehatan sebanyak 85.370 jiwa dari jumlah penduduk semester II tahun 2023.
 
"PBPU Pemda (peserta yang iurannya dibayarkan melalui APBD Natuna) sebanyak 28.747 jiwa, PBI APBN (yang dibayarkan melalui APBN) sebanyak 27.300, secara mandiri sebanyak 2.080 dan sisanya terdaftar PNS, P3K, PTT, dan badan usaha," ujar dia.
 
Ia menerangkan Pemkab Natuna patuh dalam membayarkan iuran JKN masyarakat yang ditanggungnya.
 
"Bagi masyarakat yang didaftarkan oleh pemerintah daerah maka kepesertaan BPJS Kesehatannya langsung aktif dan bisa digunakan di hari yang sama," tutur dia.

Baca juga: BPJS Kesehatan kembali buka di MPP Batam

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE