Erick Thohir tunjukkan kebanggaannya atas Rizki Juniansyah

id Erick Thohir,Rizki Juniansyah,angkat besi,Olimpiade Paris,Olimpiade Paris 2024,Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia,pssi,Lifter Indonesia

Erick Thohir tunjukkan kebanggaannya atas Rizki Juniansyah

Lifter Indonesia Rizki Juniansyah mencium barbel usai melakukan angkatan clean and jerk dalam kelas 73 kg putra Olimpiade Paris 2024 di South Paris Arena, Paris, Prancis, Kamis (8/8/2024). Rizki meraih medali emas setelah berhasil meraih total angkatan 354 kilogram sehingga menduduki peringkat pertama dari 12 lifter yang turut serta dalam nomor tersebut. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/app/pras.

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang juga Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyatakan bangga atas capaian atlet angkat besi Rizki Juniansyah yang mencetak rekor baru Olimpiade.

Rizki mengukir sejarah sebagai lifter pertama Indonesia yang berhasil meraih medali emas di Olimpiade dalam penampilannya di kelas 73 kg putra dengan total angkatan 354 kg.

Lifter berusia 21 tahun asal Serang, Banten, itu juga mencatatkan namanya sebagai pemegang Olympic Record untuk clean and jerk dengan angkatan 199 kg.

"Selamat @rjuniansyah_ Luar biasaa, emas dan rekor Olimpiade! Bangga banget!" tulis Erick lewat akun media sosialnya yang mengunggah video singkat momen kesuksesan Rizki, Jumat.

Di awal, Rizki gagal di angkatan snatch pertama dengan berat beban 155 kg. Namun, pada percobaan kedua, Rizki berhasil mengangkat beban yang sama. Pada kesempatan snatch terakhir, ia mencoba mengangkat 162 kg tetapi gagal.

Pada clean and jerk, Rizki mulus di angkatan pertama 191 kg. Ia kemudian menaikkan beban angkatannya menjadi 199 kg di angkatan kedua yang menjadi rekor Olimpiade. Total Angkatan Rizki 354 kg.

Baca juga: Presiden bangga Rizki jadi lifter pertama RI raih emas di Olimpiade Paris 2024

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menyampaikan rasa bangganya atas keberhasilan Rizki Juniansyah yang mencatatkan sejarah sebagai lifter pertama Indonesia yang meraih medali emas di Olimpiade.

Emas yang diraih Rizki sekaligus menjadi emas kedua untuk Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

"Medali emas kedua untuk Indonesia dipersembahkan oleh Rizki Juniansyah dari cabang olahraga angkat besi putra kelas 73 kg," kata Jokowi dalam akun X @jokowi dipantau di Jakarta, Jumat.

Jokowi juga memastikan pemerintah akan memberikan bonus bagi para atlet yang berhasil meraih medali di Olimpiade Paris 2024.

"Nanti dibicarakan, yang jelas pasti ada bonus," kata Presiden di Jakarta, Jumat.

Jokowi mengapresiasi keberhasilan Indonesia meraih dua emas di Olimpiade Paris 2024 melalui Veddriq Leonardo di cabang panjat tebing putra dan Rizki Juniansyah di cabang olahraga angkat besi 73 kg putra.

"Ya saya sangat senang, saya sangat mengapresiasi dan masyarakat saya kira semuanya senang terhadap perolehan emas dari Veddriq Leonardo di panjat tebing dan juga baru saja Rizki Juniansyah di angkat besi. Saya kira negara mengapresiasi, rakyat juga sanggat bangga terhadap capaian emas ini," kata Presiden.

Baca juga: Presiden pastikan bonus untuk atlet peraih medali di Olimpiade Paris 2024


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Erick Thohir bangga Rizki Juniansyah cetak rekor Olimpiade

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE