Kemenag Tanjungpinang Khitan 37 Anak Keluarga Miskin

id khiutan, kemenag, tanjungpinang, anak, miskin, wakil, waki, kota, edwar, murshalli, abu, sofyan

Tanjungpinang (ANTARA Kepri) - Kantor Kementerian Agama Tanjungpinang, Kepulauan Riau mengkhitan sebanyak 37 orang anak yang berasal dari keluarga miskin di daerah setempat.

"Kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah dalam mensejahterakan rakyat serta memberantas kemiskinan," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tanjungpinang, Abu Syofyan, Kamis.

Abu mengatakan, selain sunat massal yang dipusatkan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tanjungpinang itu, juga diberikan santunan kepada anak-anak warga miskin dari empat kecamatan tersebut.

"Bukan hanya itu, tabungan dari Bank Muamalat juga diberikan untuk membantu perekonomian keluarganya," ujar Abu.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Edward Mushalli yang membuka secara resmi khitanan massal itu mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu dari tiga program pokok pengentasan kemiskinan yang digalakkan oleh pemerintah daerah.

"Kegiatan ini sebagai salah satu pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat miskin akan kesehatan," ujarnya.

Edward mengatakan, setiap masyarakat miskin akan dibantu oleh pemerintah dengan syarat harus terdaftar sebagai warga kurang mampu dan memenuhi kriteria yang ditetapkan.

"Dengan demikian, pemerintah akan memiliki data yang valid dan akan dengan mudah melaksanakan kegiatan yang tepat sasaran," katanya.

Lebih lanjut dikatakan Edward, tiga program pokok pemerintah dalam hal pengentasan kemiskinan selain pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat miskin, adalah rehabilitasi rumah tidak layak huni serta upaya peningkatan ekonomi masyarakat miskin melalui kegiatan kelompok usaha.

"Bila masyarakat terdaftar sebagai warga kurang mampu, maka mereka berhak mendapatkan ketiga bantuan tersebut," katanya.

Edward juga berharap dengan adanya bantuan tersebut akan dapat merangsang masyarakat kurang mampu untuk bangkit dan berusaha lebih baik lagi demi meningkatkan kesejahteraan hidupnya sendiri.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE