Retno Marsudi ditunjuk sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB

id utusan khusus sekjen pbb,retno marsudi,menlu ri,sekjen pbb,antonio guterres,utusan khusus pbb

Retno Marsudi ditunjuk sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan paparannya pada hari kedua Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (6/9/2024). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc. (ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi ditunjuk sebagai Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres untuk Urusan Air dalam rangka memajukan agenda air sedunia, khususnya terkait hasil Konferensi Air PBB 2023.

“Utusan Khusus akan mendukung langkah-langkah demi memastikan masa depan dengan air terjamin dengan mendorong kerja sama politik, ekonomi, dan sosial-budaya yang lebih kuat di semua lapisan,” demikian menurut pernyataan tertulis Sekretaris Jenderal PBB yang dipantau di Jakarta, Jumat.

Retno akan mulai bertugas sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB pada 1 November 2024 usai menyelesaikan tugasnya sebagai menteri luar negeri.

Sebagai utusan khusus, Retno akan ditugaskan mendorong sinergi antara pemangku kepentingan dalam urusan air untuk mendukung pencapaian target air dunia, seperti target nomor 6 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030, serta mempersiapkan Konferensi Air PBB 2026.

Retno juga akan berperan sebagai advokat tingkat tinggi terkait isu air dan sanitasi, mendorong isu air dalam berbagai agenda politik di dalam maupun luar PBB, serta mendorong aksi konkret dalam menyelesaikan krisis air dunia.

 

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Retno Marsudi ditunjuk sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB untuk isu air

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE