Hizbullah konfirmasi komandan militer Ibrahim Aqil tewas

id Lebanon,Israel,Palestina

Beirut (ANTARA) - Kelompok perlawanan di Lebanon, Hizbullah, pada Jumat malam (20/9) mengonfirmasi komandan militer utama, Ibrahim Aqil, tewas dalam serangan udara Israel di pinggiran Beirut selatan.

Hizbullah menyatakan berduka atas kematian Aqil, yang mereka sebut sebagai salah satu "pemimpin utama, yang menjadi syuhada di jalan menuju Yerusalem" --mengacu pada dukungan Hizbullah bagi Palestina dalam menghadapi serangan Israel di Jalur Gaza.

Serangan udara itu menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai 66 lainnya, sementara sembilan orang berada dalam kondisi kritis, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon.

Media resmi pemerintah Lebanon, Kantor Berita Nasional, melaporkan bahwa serangan itu menghantam sebuah apartemen di sebuah bangunan tempat tinggal di daerah Jamous.

Tentara Israel mengonfirmasi bahwa mereka membunuh Aqil serta komandan senior Pasukan Radwan elite kelompok itu.

Serangan itu merupakan yang ketiga kalinya dilancarkan Israel di pinggiran selatan sejak gelombang kekerasan, yang sedang berlangsung, mulai muncul hampir setahun yang lalu.

Serangan sebelumnya yang menggemparkan termasuk pembunuhan wakil kepala biro politik Hamas Saleh al-Arouri pada 2 Januari dan pembunuhan pemimpin terkemuka Hizbullah Fouad Shukr pada 30 Juli.

Dalam pemberitaan lain disebutkan, serangan udara Israel menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai 66 lainnya di pinggiran Beirut selatan, menurut Kementerian Kesehatan Lebanon pada Jumat (20/9).

Dalam sebuah pernyataan, kementerian tersebut mengatakan rumah sakit sejauh ini telah menerima 66 korban luka, termasuk sembilan orang dalam kondisi kritis.

Kantor Berita Nasional Lebanon resmi mengatakan serangan itu menghantam sebuah apartemen di salah satu bangunan tempat tinggal di daerah Jamous di bagian selatan pinggiran kota tersebut.

Ambulans dan tim pertahanan sipil bergegas ke daerah tersebut dan membawa beberapa korban luka ke rumah sakit.

Setelah serangan udara tersebut, seorang pejabat senior Israel mengatakan kepada Radio Angkatan Darat Israel bahwa target serangan itu adalah Ibrahim Aqil, seorang komandan militer tinggi kelompok Lebanon Hizbullah.

Kemudian, pihak tentara Zionis itu mengeklaim telah membunuh Aqil, bersama dengan sejumlah komandan senior dari Pasukan Radwan yang merupakan pasukan elit kelompok tersebut.

Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati mengatakan serangan itu "membuktikan lagi bahwa Israel tidak menghargai pertimbangan manusia, hukum, atau moral apa pun, dan sedang melakukan apa yang tampak seperti genosida."

Menurut koresponden Anadolu di lapangan, serangan Israel tersebut merusak parah berbagai bangunan di Beirut selatan.

Sumber: Anadolu



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hizbullah konfirmasi tewasnya komandan militer Ibrahim Aqil

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE