Disbudpar-Polda Kepri kolaborasi promosikan pariwisata Kota Batam

id abang none jakarta, duta wisata batam, encik puan batam, disbudpar kota batam, polda kepri, sapta pesona, kepulauan riau,Duta Wisata Encik dan Puan,Ke

Disbudpar-Polda Kepri kolaborasi promosikan pariwisata Kota Batam

Duta Wisata Encik dan Puan Kota Batam menghadiri malam pemilihan Abang None Jakarta. ANTARA/HO-Bidhumas Polda Kepri

Batam (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam berkolaborasi dengan Bidhumas Polda Kepulauan Riau mempromosikan pariwisata Kota Batam kepada masyarakat luas dengan mengirimkan Duta Wisata Encik dan Puan menghadiri pemilihan Abang None Jakarta 2024.

“Ini pertama kali, jadi penghargaan bagi Duta Wisata Cik Puan Kota Batam diundang untuk menghadiri acara pemilihan Abang None Jakarta,” kata Kepala Disbudpar Kota Batam Ardiwinata di Batam, Sabtu.

Ardi menjelaskan tujuan kehadiran perwakilan Kota Batam di acara pemilihan Abang None Jakarta 2024 sebagai sarana pembelajaran bagi generasi muda Kota Batam yang terpilih sebagai Duta Wisata untuk melihat bagaimana penyelenggaraan kegiatan tahunan pemilihan duta wisata daerah. Karena acara tersebut dihadiri para duta wisata dari daerah lainnya, termasuk para tamu undangan.

Baca juga: KONI: Hasil tim Kepri jauh meningkat dari PON Papua

Dalam acara itu, kata dia, Cik Puan Kota Batam berkesempatan mempromosikan Batam, yang di masa kepemimpinan wali kota saat ini telah membangun dalam konsep pariwisata, seperti akses jalan dan dukungan sektor wisata seperti berdirinya rumah sakit, tempat wisata, dan kegiatan-kegiatan yang mengundang wisatawan.

“Pemilihan duta wisata menjadi gerbang bagi generasi muda Kota Batam menuju karir-karir yang sesuai dengan yang mereka inginkan,” kata Ardi.

Menurut dia, Duta Wisata Encik dan Puan Batam ini adalah putra-putra yang terpilih dari hasil seleksi ketat, proses karantina, memiliki beragam talenta, memiliki pengetahuan di bidang wisata dan kebudayaan lokal Kota Batam.

Pemilihan Duta Wisata Encik dan Puan di bawah tanggung jawab Disbudpar Kota Batam, yang salah satu misinya agar generasi muda Batam tumbuhan tanpa meninggalkan aspek budaya sebagai jati diri bangsa.

“Jadi ajang pemilihan duta wisata ini agar generasi muda Batam tidak meninggalkan aspek budaya, tidak meninggalkan jati diri, ini yang kami harapkan,” ujarnya.

Adanya kesempatan ini, kata Ardi, adalah berkat kerja sama antara Disbudpar Kota Batam dan Bidhumas Polda Kepri dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Mewujudkan Sapta Pesona, yakni jabaran konsep sadar wisata terkait dengan dukungan dan peran masyarakat sebagai tuan rumah dalam upaya menciptakan lingkungan dan suasana yang kondusif mampu mendorong tumbuh kembangnya industri pariwisata.

Baca juga: Pertamina tambah pasokan LPG 3 kg untuk cukupi kebutuhan di Kota Batam

Konsep Sapta Pesona itu perwujudan dari unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan kenangan.

“Kami berterima kasih kepada Kabid Humas Polda Kepri yang memfasilitasi dan mengasistensi kepanitiaan Duta EncIk Puan Batam sehingga terjalin kerja sama ini,” kata Ardi.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol. Zahwany Pandra Arsyad menyebut Kota Batam menjadi primadona wisata tiga terbesar di Indonesia setelah Bali dan Jakarta.

Sehingga dirinya memfasilitasi Encik dan Puan Batam hadir sebagai tamu istimewa undangan daerah pada acara puncak pemilihan Abang None Jakarta, dengan maksud tujuan agar generasi muda Kota Batam nantinya mampu mempromosikan sejarah, budaya dan destinasi wisata di daerahnya dengan konsep Sapta Pesona.

Perwira menengah Polri itu menjelaskan konsep rasa aman sebagaimana Undang-Undang No 9 Tahun 2010 tentang Kepariwisataan, yakni setiap orang maupun sekelompok orang dalam kegiatan tertentu bertujuan wisata wajib dilindungi keamanannya.

“Harapannya kehadiran Duta Wisata Batam ini dapat saling mendukung, bertukar pengalaman dan informasi dalam promosi pariwisata dengan para alumni Abang None Jakarta,” kata Pandra yang juga mantan Abang None Jakarta tahun 1991.

Selain itu, diharapkan pula para Duta Wisata Encik dan Puan Kota Batam nantinya mampu memperkenalkan Kota Batam sebagai Kota Bandar Madani di mancanegara dan nusantara.

Baca juga: Keyca Okta Fira, peraih emas layar Kepri dedikasikan hadiah PON umrohkan orang tua

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE