PT Pelni Batam siapkan KM Dorolonda selama KM Kelud docking

id KM Kelud ,docking ,KM Dorolonda,Pelni Batam, Pelni,kepri,pt pelni,pelabuhan batu ampar

PT Pelni Batam siapkan KM Dorolonda selama KM Kelud docking

Kapal PT Pelni KM Kelud berlabuh di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Batam (ANTARA) - PT Pelni Cabang Batam, Kepulauan Riau menyiapkan KM Dorolonda untuk menggantikan operasional KM Kelud selama melakukan docking tahunan.

Kepala PT Pelni Cabang Batam Muhammad Iqbal di Batam, Sabtu, mengatakan KM Dorolonda dijadwalkan tiba di Kota Batam pada Sabtu (19/10) pukul 10.00 WIB, dan akan berangkat menuju Tanjung Balai Karimun rute akhir di Belawan Medan sekitar pukul 14.00 WIB.

"Jadwalnya sudah keluar, KM Dorolonda akan menggantikan tugas KM Kelud selama proses KM Kelud docking," ujar Iqbal.

Selanjutnya, pada Selasa (22/10), KM Dorolonda akan tiba kembali di Batam dari Belawan pukul 12.00 WIB dan berangkat menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta sekitar pukul 15.00 WIB.

“Artinya ada dua trip pelayaran Kelud di Batam,” ujar dia.

Iqbal menjelaskan KM Dorolonda akan mengisi kekosongan layanan akibat KM Kelud yang tidak beroperasi sejak 29 September - 20 Oktober 2024.

Ia menyebutkan perawatan rutin atau docking ini penting untuk memastikan kapal dalam kondisi baik menjelang periode Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Pada September dipilih sebagai masa docking KM Kelud karena berada dalam periode 'low season' penumpang," kata dia.

Sebelumnya, PT Pelni Cabang Batam, Kepulauan Riau menargetkan KM Kelud mulai beroperasi melayani penumpang di Pelabuhan Bintang 99 sebelum periode natal dan tahun baru 2025 atau akhir 2024.

Kepala Pelni Cabang Batam Muhammad Iqbal di Batam, Senin, mengatakan progres pemindahan operasional KM Kelud dari Pelabuhan Batu Ampar ke Pelabuhan Bintang 99 sudah memasuki tahap akhir untuk selanjutnya segera dioperasikan.

“Rencananya target dari KSOP, BP Batam, Pelabuhan Bintang 99, dan PT Pelni, mudah-mudahan KM Kelud atau kapal Pelni lainnya akan berpindah targetnya sebelum periode Nataru 2024,” kata dia.

Dia menjelaskan KM Kelud milik Pelni sudah melayani penumpang rute Jakarta-Batam, Batam-Belawan dan Belawan Batam sejak kurun waktu enam hingga tujuh tahun di Pelabuhan Batu Ampar.

Baca juga: KM Kelud layani penumpang di Pelabuhan Bintang 99 Batam di akhir tahun

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE