Latma Komodo Gelar Kegiatan Kemanusiaan di Anambas

id Latma Komodo Gelar Kegiatan Kemanusiaan di Anambas

Anambas (Antara Kepri) -  Kegiatan Multilateral Naval Exercise  Komodo 2014 atau Latma Komodo yang diikuti Angkatan Laut dari 17 negara  di Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar kegiatan kemanusiaan.

Pantuan Antara di Tarempa, Rabu,  terlihat laut daerah itu diramaikan  kapal  perang asing dan kota Tarempa sebagai pusat ibu kota Kabupaten Kepulauan Anambas juga dipadati dengan berbagai tentara asing.

Kegiatan yang dilakukan selain  pengobatan gratis kepada masyarakat  juga dimanfaatkan pemerintah daerah untuk  mempromosikan kendahan kepulauan tropis yang terindah di Asia ini selain itu juga memperkenalkan kuliner asli Anambas kepada para peserta Latma Komodo.

Bupati Kepulauan Anambas T. Muktharuddin merasa bangga  karena  Anambas ditetapkan sebagai daerah latihan bersama Multilateral Naval Exercise  Komodo 2014 dan ini merupakan suatu kesempatan emas bagi Anambas untuk mempromosikan potensi yang telah ada.

"Daerah kami menjadi tempat pelatihan gabungan antar  negara ini merupakan suatu kebanggaan bagi kami.  Dengan acara seperti ini tentu secara tidak langsung potensi baik wisata, kuliner dan budaya yang ada di Anambas bisa terpromosi kepada negara negara peserta," kata Bupati.

Hal ini menurutnya merupakan salah satu langkah untuk mendukung program promosi kabupaten dengan berbagai pesona maritimnya kepada mata dunia dan harapannya kepada negara-negara yang berkunjung ke Anambas ini akan merasa puas  dengan suguhan tuan rumah serta ke indahan ekosisteme panorama alam yang disuguhkan.

"Semoga tamu-tamu kita dapat menikmati keindahan alam Anambas dan keramah-tamahan masyarakatnya," ungkap Bupati lagi.

Selain itu juga digelar berbagai kegiatan lomba  kuliner Anambas yang diikuti peserta latma dan masyarakat umum. Disamping itu juga diadakan demo masak, tarian anak-anak, kesenian rakyat, juga berbagi-bagi hadiah kepada para pengunjung yang telah belanja pada stand tersebut. 

Didalam pengobatan gratis yang dilakukan oleh para peserta turut bergabung para dokter asing seperti dari Amerika, India, Singapura, Brunai, sedangkan untuk di Jemaja yang telah di lakukan semenjak kemaren dengan turut bergabung dokter-dokter dari Cina dan Malaysia disana.

Untuk pengobatan pada hari ini dilakukan di dua tempat di kecamatan Palmatak yang terletak dirumah sakit Lapangan desa Ladan dan Kecamatan Siantan yang terletak di Pukesmas Tarempa.

"Untuk pengobatan pada hari ini sudah melayani sekitar 700 orang pasien dan disini  kita akan melayani terus dan siapa datang akan dilayani," Kata kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Anambas,  Said Damri.

Dijelaskannya kalau untuk yang mendaftar ada sekitar 1.600  dan data terakhir yang diterima ada 900 orang, dan untuk pelayanan mata pada hari ini belum dapat dilayani karena para doktor specialis mata masih berada di Jemaja dan sore ini akan di geser ke sini dan besok akan dilaksanakan pelayanan pengobatan mata. (Antara)

 
Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE