Karimun Rayakan Idul Adha Bersamaan Muhammadiyah

id Karimun,Raya,Idul,Adha,Bersamaan,Muhammadiyah

Harapan pemerintah Hari Raya Idul Adha maupun hari besar Islam yang lainnya tidak ada perbedaan, serentak atau bersamaan
Karimun (Antara Kepri) - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, menyatakan bahwa Hari Raya Idul Adha jatuh pada 12 September 2016, bersamaan dengan Muhammadiyah.

"Lebaran Haji (Idul Adha) tahun ini sama dengan Muhammadiyah, sesuai dengan penetapan 1 Dzulhijjah melalui sidang isbat yang dilaksanakan Kementerian Agama," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Karimun Afrizal di Tanjung Balai Karimun.

Afrizal menjelaskan, sidang isbat yang dilakukan Kemenag telah menetapkan bahwa 1 Dzulhijjah pada pada Sabtu (3/9) yang lalu. Dengan demikian, Hari Raya Kurban 10 Dzulhijjah jatuh pada 12 September 2016.

"Harapan pemerintah Hari Raya Idul Adha maupun hari besar Islam yang lainnya tidak ada perbedaan, serentak atau bersamaan," katanya lagi.

Idul Adha, kata dia, merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam, yang memiliki makna semangat berkurban sebagai wujud solidaritas terhadap mereka yang kurang mampu secara ekonomi.

Pelaksanaan ibadah kurban pada 9 Dzulhijjah dilaksanakan saat jamaah haji melaksanakan ibadah wuquf di Padang Arafah.

Secara terpisah, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karimun Bustami Datuk Raja Marah mengatakan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 10 Dzulhijjah 1437 Hijiriah pada 12 September 2016.

Muhammadiyah menetapkan 10 Duzlhijjah bersamaan dengan penetapan 1 Syawal beberapa waktu lalu, yang didasari pada perhitungan atau hisah pergantian bulan ditandai dengan istima atau konjungsi peredaran bulan dan matahari.

"Hilal akan tampak bulan dan matahari berada dalam satu garis bujur. Dan biasanya, penentuan awal bulan oleh Muhammadiyah sama dengan penetapan di Arab Saudi," ucap Bustami.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Sekretaris Kabupaten Karimun Muhammad Yosli pelaksanaan shalat Idul Adha tingkat kabupaten akan dipusatkan di Masjid Agung, Jalan Soekarno Hatta Tanjung Balai Karimun.    

"Bupati dan Wakil Bupati turut melaksanakan ibadah kurban untuk diberikan kepada warga yang kurang mampu," ucap Yosli. (Antara)

Editor: Adi Lazuardi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE