Tugu Hang Jebat Dabosingkep Dirubah Jadi Tanjak

id Tugu,Hang,Jebat,Dabosingkep,Dirubah,Jadi,Tanjak

Selain merencanakan pembangunan tugu Adipura di tengah kota Singkep, pak bupati juga memerintahkan kami untuk mendesain tugu tanjak untuk menggantikan patung Hang Jebat di simpang jalan Kartini Sungai Lumpur-Setajam itu
Lingga (Antara Kepri) - Tugu patung di simpang tiga Sungai Lumpur-Setajam yang menggambarkan tokoh lanksemana melayu Hang Jebat akan dirubah menjadi tanjak pada tahun 2018 mendatang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Lingga, Said Nursyahdu mengatakan, rencana perubahan tugu tersebut mengacu saran Bupati Alias Wello.

"Selain merencanakan pembangunan tugu Adipura di tengah kota Singkep, pak bupati juga memerintahkan kami untuk mendesain tugu tanjak untuk menggantikan patung Hang Jebat di simpang jalan Kartini Sungai Lumpur-Setajam itu," kata dia di Daik Lingga, Kamis.

Menurutnya, keinginan Bupati Lingga mengubah tugu patung yang telah sejak lama berdiri di lokasi tersebut menjadi tanjak, tentunya memiliki alasan yang cukup kuat.

"Alasannya pasti ada. Salah satu yang saya ketahui itu mengenai kekhawatiran pak Bupati tentang keberadaan tugu yang berbentuk patung manusia ini. Dia berusaha menghindari adanya paham yang merusak nilai-nalai ketuhanan karena patung tersebut," ungkap Nursyahdu.

Untuk alasan yang satu ini, secara pribadinya sangat setuju dan akan segera mengusahakan Detail Engenering Desain (DED) dapat dikerjakan pada tahun ini juga.

Bahkan dia menilai, tugu tanjak akan sangat tepat menggantikan keberadaan patung Hang Jebat yang selama ini telah mewakili lambang kemelayuan di kota Singkep.

"Perubahan tugu ini tidak akan mempengaruhi maknanya. Lambang tanjak akan sama baiknya dalam melambangkan kekuatan kemelayuan itu," tuturnya. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE