Pemkab Natuna Gunakan Tol Laut Fasilitasi Jemaah Haji

id Natuna, Musim Haji Natuna, Tol Laut, antar jemaah haji, Serasan

Natuna (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Natuna memfasilitasi kepulangan jemaah haji Kecamatan Serasan menggunakan kapal Tol Laut, Kamis (14/9).

Jemaah Haji Natuna, sebelumnya tiba di Ranai, ibukota Kabupaten Natuna pada Sabtu (9/110.

Syafari yang turut dalam rombongan haji Kecamatan Serasan menyebutkan ada 9 orang jemaah berangkat menggunakan tol laut.

"Rencananya kemarin mau diantar menggunakan feri, namun batal dilakukan karena cuaca buruk," kata Syafari ketua rombongan jemaah haji Kecamatan Serasan itu.

Sebelumnya, Pemkab Natuna berencana mengembalikan para jemaah menggunakan feri sebagaimana disampaikan Syarifuddin, S. Ag pada saat acara penyambutan di Masjid Agung Natuna, Sabtu lalu.

"Ada petunjuk dari Bupati, kita akan antar kembali jemaah asal Subi, Serasan dan Midai oleh pemda menggunakan feri ke daerah masing-masing dalam waktu dekat, besok atau lusa," ucapnya saat itu.

Kapal tol laut yang membawa para jemaah haji ke Serasan rencananya akan berangkat pada malam ini pukul 21.00 WIB, namun rombongan telah diantar menggunakan bus pemda menuju pelabuhan Selat Lampa pukul 17.00 WIB.

"Tidak apa-apa cepat, biar kita nunggu di sana (Selat Lampa), ada yang bilang berangkat jam 9, ada juga yang bilang jam 11 malam nanti, " ucap Syafari.

Menurut Syafari perhatian pemerintah dinilai cukup, senada dengan apa yang disampaikan ketua rombongan haji asal Natuna sebelumnya. Saat menyampaikan pesan dan kesan kepada pemerintah melalui H. Wan Suhardi SE, sebagai perwakilan para jemaah dalam acara penyambutan kemarin.

"Terima kasih kepada Pemda Natuna telah mengantarkan kami hingga menuju embargasi Batam dan kembali ikut menyambut kedatangan kami mulai dari Batam hingga ke Kabupaten Natuna, perhatian Pemda kami nilai cukup," kata Wan Suhardi dalam sambutannya tersebut.

Perhatian Pemerintah Natuna cukup besar atas jemaah haji kali ini, disamping penjemputan mulai dari Batam, hingga Kabupaten ( Ranai ) bahkan sampai ke kecamatan masing-masing.

Untuk diketahui, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Natuna memberangkatkan 70 orang jemaah.

Dari 70 jemaah yang diberangkatkan semuanya kembali dengan selamat sampai ke Batam, sementara 68 telah tiba di Ranai.

Dalam laporan Penyelenggara Haji Kabupaten Natuna Tahun 2017 dari 70 orang diberangkatakan pada 29 Juli lalu semuanya kembali dengan selamat, hanya saja 2 orang tidak ikut kembali ke Natuna karena ada tugas dinas ke daerah lain.

Menurut Nasoha selaku koordinator jemaah selama melaksanakan rukun haji hingga kembali ke tanah air, jamaah asal Natuna dalam keadaan sehat.

"Kita selama berada di Madinah dan Mekah semua jamaah sehat, mudah-mudahan kita semua tetap sehat sampai ke rumah masing-masing, " ucapnya. (Antara)

Editor: Rusdianto


Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE