Polres Tanjungpinang Siap Amankan Pilkada 2018

id polres,tanjungpinang,siap,amankan,pilkada,2018

Kami akan mempertanggungjawabkan penggunaan dana itu sesuai peruntukkannya
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Kepolisian Resor Tanjungpinang menyatakan siap mengamankan pilkada serentak tahun 2018 di ibu kota Kepulauan Riau itu.
        
Kepala Polres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro dalam rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) di Mapolres Tanjungpinang, Rabu mengatakan, pihaknya sudah memetakan situasi pilkada, termasuk kawasan rawan konflik.
        
"Kami sudah merancang sejumlah kegiatan dalam rangka menciptakan pilkada yang nyaman dan aman," katanya.
        
Kapolres mengatakan dalam beberapa pekan terakhir juga sudah menyelenggarakan rapat koordinasi dengan berbagai pihak, dimulai dari proses perekrutan anggota Panwaslu Tanjungpinang hingga membahas potensi kerawanan saat pelaksanaan tahapan pilkada.
        
Anggota kepolisian juga disiagakan selama 24 jam untuk mengamankan pilkada.
        
Selain menjaga kantor penyelenggara pemilu, anggota kepolisian juga melakukan koordinasi secara intensif dalam mengamankan seluruh tahapan pilkada agar berjalan lancar.
        
"Perencanaan pengamanan Pilkada Tanjungpinang 2018, mulai dari pemetaan karakteristik wilayah, jumlah penduduk, penyiapan rencana pengamanan, tahapan pilwako, distribusi logistik pemilu, personel pengamanan, hingga pelaksanaan pesta demokrasi," tegasnya.
        
Ardiyanto mengatakan, pihaknya juga sudah menerima dana hibah dari Pemkot Tanjungpinang untuk pengamanan pesta demokrasi. Dana tersebut akan dipergunakan untuk mendukung kegiatan pengamanan pilkada.
        
"Kami akan mempertanggungjawabkan penggunaan dana itu sesuai peruntukkannya," katanya.
        
Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah yang memimpin rapat FKPD tersebut mengharapkan pilkada berlangsung dengan aman dan tenteram.
        
Karena itu, koordinasi dan sinergitas antarlembaga pemerintahan daerah perlu ditingkatkan dalam rangka menjaga kondusivitas daerah.
        
"Saya yakin, pihak Kepolisian, TNI, kejaksaan, dan semua pemangku kepentingan dapat menjaga kota ini tetap kondusif, khususnya dalam melakukan upaya dan langkah-langkah deteksi dan cegah dini terhadap masalah dan potensi ancaman, tantangan, hambatan serta gangguan pada pelaksanaan pilkada mendatang," ujarnya.
        
Ketua KPU Kota Tanjungpinang Robby Patria menjelaskan, dalam rangka persiapan pilkada 2018, pihaknya telah melakukan sosialisasi tahapan pilkada, pendataan pemilih, membuka pendaftaran petugas PPK dan PPS serta beberapa persiapan lainnya dalam pelaksanaan pesta demokrasi.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE