Pembina Pramuka Lingga Isi Liburan dengan Kursus

id lingga,Pembina,Pramuka,Liburan,mahir,lanjutan,Kursus

Pembina Pramuka Lingga Isi Liburan dengan Kursus

Kursus Mahir Lanjutan Pembina Pramuka Lingga (antarakepri.com/Nurjali)

Ini merupakan kebanggaan bagi kita Pramuka Lingga, karena ketua Pusdiklatda Provinsi Kepri bersama timnya yang turun langsung memantau kegiatan ini
Lingga (Antara Kepri) - Lima puluh orang pembina Pramuka se-Kabupaten Lingga mengisi libur akhir tahun dengan mengikuti Kursus Pembina Mahir tingkat Lanjutan (KML) yang dibuka Plt Sekretaris Daerah yang juga Ketua Kwartir Cabang Pramuka Lingga di Desa Batuberdaun Kecamatan Singkep, Jumat.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kita Pramuka Lingga, karena ketua Pusdiklatda Provinsi Kepri bersama timnya yang turun langsung memantau kegiatan ini," kata Junaidi Adjam, Ketua Pramuka Lingga yang juga Plt Sekda Lingga kepada Antara, Jumat malam.

Kegiatan yang digagas oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Cabang (Pusdiklatcab) Pramuka Sultan Abdurrahman Kwartir Cabang Lingga ini, merupakan bagian dari program kerja Kwartir Cabang Lingga untuk memberikan pendidikan kursus pembina Pramuka tingkat Lanjutan mengingat sebagian besar pembina Pramuka di Kabupaten Lingga kebanyakan merupakan tenaga pendidik. 

Ditambahkan Junaidi kegiatan ini juga sebagai salah satu wujud dukungan Gerakan Pramuka Lingga terhadap dunia pendidikan, dimana kegiatan ekstrakurikuler Pramuka menjadi salah satu kurikulum wajib yang diterapkan di sekolah. Sehingga Pramuka Lingga memiliki andil besar untuk memberikan kompetensi khusus bagi pembina Pramuka di sekolah agar dapat menerapkan ilmu kepramukaan sesuai dengan Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

"Di tengah kondisi keuangan daerah Kabupaten Lingga yang cukup memperihatinkan, kami memiliki tekad untuk terus memajukan Pramuka dengan terus andil di berbagai kegiatan baik ditingkat Provinsi hingga ketingkat Nasional," ujar Junaidi yang juga rangkap jabatan sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Sementara itu, Kepala Pusdiklatda Provinsi Kepri Basri yang mewakili ketua Kwartir Daerah Pramuka Provinsi Kepri mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Kwartir Cabang Lingga. Untuk memberikan dukungan pada kegiatan KML Kwartir Daerah Provinsi Kepulauan Riau mengirimkan sedikitnya lima orang tim pelatihnnya, untuk memberikan pelatihan di Kursus Pembina Pramuka Mahir tingkat Lanjutan tersbut.

Menurutnya, mencari ilmu adalah sesuatu yang mahal salah satu contohnya adalah kegiatan Kursus Mahir Lanjutan (KML) ini, meski diwaktu libur para pembina yang rata-rata adalah tenaga pendidik ini malah memanfaatkan waktu liburnya untuk mengikuti kursus. 

"Kegiatan ini kita harapkan benar-benar memberi manfaat bagi peserta, untuk itu diminta dua pelatih kami kirimkan lima pelatih untuk Lingga ini," kata Basri.

Kegiatan kursus ini akan dilaksanakan selama satu minggu yang dimulai pada Jumat malam tadi, seluruh pembina akan diinapkan di tempat kegiatan di tenda dan selama pelaksanaan kegiatan para pembina akan diberikan materi tentang pembinaan kepramukaan di pangkalan, satuan karya atau sekolah masing-masing. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE