Sineas Batam Bangga Dengan LKBN Antara

id Sineas Batam Bangga Dengan LKBN Antara

Sineas Batam Bangga Dengan LKBN Antara

Kepala Biro Antara Kepri, Evy Ratnawati Syamsir (Jilbab Pink) bersama Direktur Promosi & Humas BP Batam, Manager of Public Relation Bright PLN Batam beserta para Sineas usai penyerahan hadiah kompetisi film pendek 'Kemaritiman'

Kita bangga dan terima kasih untuk Kantor Berita Antara yang sudah mengadakan acara ini karena kami para sineas dan pemuda Kota Batam benar-benar mengharapkan ajang seperti ini
Batam (Antara Kepri) - Sutradara terbaik lomba film pendek dengan tema Kemaritiman Samsul Arifin bangga kepada Perum LKBN Antara Biro Provinsi Kepulauan Riau yang telah memperhatikan para sineas di Kota Batam. 

"Kita bangga dan terima kasih untuk Kantor Berita Antara yang sudah mengadakan acara ini karena kami para sineas dan pemuda Kota Batam benar-benar mengharapkan ajang seperti ini," katanya saat penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba di Kantor Perum LKBN Antara​ di Sei Harapan Kecamatan Sekupang Kota Batam, Senin. 

Pria yang akrab disapa Arif itu berharap lomba film dapat terus diadakan tidak hanya oleh LKBN Antara Biro Provinsi Kepri tapi juga instansi pemerintah atau pun perusahaan swasta yang ada di Batam. 

Sineas Indiecreator itu mengatakan timnya bisa memenangi kompetisi tersebut terinspirasi dari foto hitam putih seorang bocah yang memegang ikan. 

Dari sana timnya mendapatkan ide untuk membuat film pendek dengan judul "Aku Anak Seorang Nelayan". Tidak hanya menjadi pemenang lomba dan sutradara terbaik, timnya juga menyabet juara pemain terbaik. 

Akting Bujang Selamat sebagai nelayan yang memberikan pesan kepada sang anak untuk menjaga laut memukau para juri. Tidak hanya itu Bujang tampak benar-benar menghayati perannya sebagai ayah dan memukau para undangan dan senias yang hadir saat pemberian hadiah. 

"Selamat hari jadi ke 10 windu Perum LKBN Antara semoga semakin sukses," kata Arif bersama para pemeran film "Aku Anak Seorang Nelayan". 

Sementara itu mewakili guru pembimbing SMK 1 M Azis Putra yang menjuarai kategori pelajar juga berharap kegiatan serupa bisa terus dilaksanakan sehingga dapat mengembangkan kreativitas para senias muda Kota Batam. 

Azis mengatakan dalam kompetisi tersebut mereka mengangkat tentang laut yang tercemar sampah dan itu banyak terjadi di Kota Batam serta beberapa daerah lainnya di Provinsi Kepri. Ia mengatakan dengan film yang mereka buat dapat membuat masyarakat terutama pelajar sama-sama menjaga laut agar tetap bersih. 

Judul film yang dibuat tim pelajar SMK 1 yaitu Peduli Maritim Indonesia. Dalam kesempatan itu, Azis dan timnya juga mengucapkan selamat hari ulang tahun Perum LKBN Antara yang ke 10 windu. 

"Kita harus menjaga maritim kita dari sampah," pesan sineas One Production tersebut. 

Kepala Biro Perum LKBN Antara Biro Provinsi Kepri Evy Ratnawati Syamsir mengatakan pihaknya mengadakan lomba film pendek bertemakan kemaritiman karena provinsi Kepri 94 persennya adalah lautan. 

Tema maritim lanjutnya diambil karena sudah menjadi cerita sehari-hari masyarakat. 

"Tema ini juga memudahkan teman-teman senias di Kota Batam untuk menuangkannya dalam bentuk naskah dan audio visual," katanya.

Evi sangat bersyukur Perum LKBN Antara bisa mengadakan kompetisi tersebut sehingga mengeliatkan kembali para senias untuk terus berkreasi dan berinovasi. 

Selain lomba film pendek sempena dengan HUT Perum LKBN Antara ke 10 windu pihaknya juga mengadakan kegiatan literasi media, lomba video challeng tentang "Anti Hoax" serta diskusi publik tentang gerakan nasional non tunai (GNNT). Pada kompetisi film pendek kata Evy ada sepuluh peserta yang mendaftar dan tidak hanya dari Kota Batam tapi juga ada dari Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri dan Jember, Jawa Timur. 

Evy menyatakan film bisa menjadi salah satu literasi media penyampai informasi, sebab pesan tidak hanya disampaikan melalui berita tulis, foto atau audio visual, tapi juga film. 

Berikut nama-nama juara kompetisi film pendek yang diadakan Perum LKBN Antara Biro Provinsi Kepri.

Kategori Umum

Juara 1: Indiecreator (Aku Anak Seorang Nelayan), Juara 2: Merah Putih Pictures (Harapku Untuk Laut Indonesia), Juara 3: Nifikiwa Production (Berkunjung). 

Kategori Pelajar 

Juara 1: One Production (Peduli Maritim Indonesia)

Kategori Tambahan

Best Education: Marv Production (Tak Perlu Tamak)

Favorit: Thinktation Production (Anak Ombak)

Finalis: Anamorphic Pictures (Wonderfull Batam), SBH Production (Pantai Tamban), 3 Direction (Yang Terlupakan), Manda Screenplay (Kampung Pasir)


Best Individu

Sutradara/Penulis Terbaik: Samsul Arifin (Indiecreator)

Penata Kamera Terbaik: Lia Tri Desi, Dino Puguh Romadoni, Dianita Ratna, Syafrizal Setiabudi (Merah Putih Pictures)

Editor Terbaik: Ahmad Khusnul Ma'arif (Merah Putih Production)

Pemeran Terbaik: Bujang Selamat (Indiecreator). (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE