Pasar Meral berkonsep modern siap difungsikan

id pasar meral karimun,konsep modern

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Karimun Muhammad Yosli (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Proyek Pasar Bukit Tembak Meral tinggal finishing, siap difungsikan. Pasar ini menerapkan konsep modern dengan sejumlah fasilitas yang lebih nyaman

Karimun (Antaranews Kepri) - Pasar Bukit Tembak di Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, yang menerapkan konsep pasar modern siap difungsikan, kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM dan ESDM Karimun Muhammad Yosli. 

"Proyek Pasar Bukit Tembak Meral tinggal finishing, siap difungsikan. Pasar ini menerapkan konsep modern dengan sejumlah fasilitas yang lebih nyaman," kata dia di Tanjung Balai Karimun, Minggu.

Muhammad Yosli menjelaskan, Pasar Bukit Tembak Meral merupakan pasar yang dibangun dengan dana perbantuan dari Kementerian Perdagangan dengan besar anggaran sekitar Rp5,5 miliar. 

Pasar tersebut dibangun dengan 31 kios dan 187 lapak yang dilengkapi seperti mushalla, toilet, ruang menyusui, rumah potong, bak sampah dan kantor. 

Pasar dengan satu lantai itu, menurut dia, merupakan salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo, yang dirancang lebih modern dengan desain yang lebih nyaman, dilengkapi dengan sistem sanitasi lingkungan yang lebih baik. 

"Di setiap lapak untuk pedagang basah tersedia pipa pembuangan air yang memiliki saringan, sehingga sampah tidak ikut hanyut ke drainase. Ini tentunya untuk mengantisipasi dampak lingkungan dari sampah pasar," kata dia. 

Muhammad Yosli mengaku cukup senang dan puas dengan kualitas bangunan dengan material yang benar-benar bermutu, sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentukan Kementerian Perdagangan. 

"Proyek ini sepenuhnya didesain kementerian, spesifikasi proyeknya, termasuk materialnya juga ditetapkan oleh kementerian," kata dia. 

Meski belum difungsikan, bagian dalam bangunan pasar tampak lebih terang dengan lampu yang cukup. Dia berharap pedagang maupun pembeli yang berjualan merasa nyaman dengan kondisi pasar seperti itu. 

"Konsep pasar ini akan bisa menjadi contoh untuk pembangunan pasar lain di Karimun. Pokoknya cukup nyaman dengan desain yang lebih modern," kata mantan Kabag Humas Pemkab Karimun. 

Pasar tersebut, menurut dia, nantinya akan diisi pedagang yang direlokasi ke penampungan sementara, dan akan dikelola oleh Perusda Karimun. 

Yosli juga menambahkan, tahun ini revitalisasi pasar juga dilakukan, antara lain Pasar Teluk Uma Kecamatan Tebing dibangun dengan anggaran dari provinsi, dan pembangunan pasar di Tanjungbatu menggunakan dana APBD kabupaten. 

Editor: Nusarina Yuliastuti

Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar