Pasar Induk Jodoh akan dibangun dengan konsep modern

id pasar induk jodoh, revitalisasi pasar induk, pembangunan pasar induk jodoh, revitalisasi pasar induk jodoh,kepala dinas

Pasar Induk Jodoh akan dibangun dengan konsep modern

Bangunan terbengkalai Pasar Induk Jodoh yang akan ditata kembali dan dibangun dengan konsep modren. Foto ANTARA/Evy R. Syamsir

Batam (ANTARA) - Pasar Induk Jodoh akan dibangun ulang dengan menggunakan konsep modern lima tingkat, yang mampu menampung 1.800 pedagang.

Setiap lantai akan dikategorikan untuk jenis barang yang diperdagangkan, jadi tidak bercampur antara pasar basah, kering, dan tempat makan, demikian keterangan Pemkot Batam yang dikutip Selasa.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau mengatakan, rencananya lantai dasar adalah pasar basah, lantai dua untuk bahan pokok yang kering, lantai tiga untuk pakaian dan lantai empat pusat elektronik.

"Lantai lima ada 'foodcourt' dengan pemandangan Singapura. Ada juga masjid di lantai ini," kata dia.

Pasar induk itu akan dibangun kembali di atas lahan sekitar 2,1 hektare, hibah dari Badan Pengusahaan (BP) Batam yang diberikan dalam dua tahap.

Pihaknya telah mengusulkan rencana anggaran pembangunan senilai Rp334 miliar kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Sementara untuk pengelolaan pasar, pemkot akan membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT).

"UPT dimaksudkan agar penyelenggaraan pasar itu lebih matang," kata Kepala Dinas.

Sebelumnya, di lahan yang sama juga berdiri pasar induk, namun relatif kurang diminati pedagang. Bangunannya pun sudah banyak yang rusak, sehingga Pemkot Batam berencana untuk menatanya kembali.

Apabila sudah terbangun, maka Pemkot Batam akan mengutamakan pedagang lama untuk menempati kios di sana.

"Pedagang ini akan mendapatkan perhatian utama. Mereka sudah kami data. Penting untuk diketahui, pembangunan kembali pasar ini untuk mereka," kata dia.
 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE