Pemkot Batam berikan 28 kapal untuk nelayan

id pemkot batam,bantuan kapal nelayan

Sarana prasarananya juga diberikan, seperti kawat bubu, jaring, sesuai kebutuhan nelayan
Batam (Antaranews Kepri) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau akan memberikan 28 unit kapal motor tempel kepada nelayan yang dianggarkan dalam APBD 2018.

Kepala Dinas Perikanan Kota Batam, Husaini, menyatakan bantuan kapal motor tempel itu diharapkan dapat membantu nelayan dalam melakukan pekerjaannya mencari ikan.

Ia menyatakan, tahun ini pemerintah kota juga merencanakan untuk memberikan sejumlah perlengkapan menangkap ikan yang diharap dapat membantu kinerja nelayan.

"Sarana prasarananya juga diberikan, seperti kawat bubu, jaring, sesuai kebutuhan nelayan," kata dia.

Dalam pesan singkat, ia menjelaskan bantuan yang akan diberikan kepada nelayan pada tahun ini yaitu 28 unit kapal pancung, 28 unit mesin untuk kapal dengan kekuatan 20 PK, bento lebel 7.250 lembar, dan mesin ketinting 10 unit.

Kemudian, demplot lele 21 unit, jaring ramban atau jaring hijau 100 kg, bibit ikan kerapu cantang 5.479 ekor, serta keramba jaring apung HDPE 3 unit.

Selain untuk nelayan tangkap, Pemkot juga memberikan bantuan kepada nelayan budidaya, antara lain ikan, obat-obatan dan vitamin ikan.

Dinas Perikanan juga menyiapkan penyuluh perikanan, agar budi daya lebih efektif.

"Kita juga ada penyuluh perikanannya. Jadi tak hanya berikan bibit, tapi juga mengajarkan cara pemindahan bibit ke tempat budi daya, karena bibit ikan juga butuh adaptasi lingkungan," kata dia.

Bantuan itu diberikan kepada nelayan yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama yang terdaftar di Dinas Perikanan.

KUB juga disyaratkan memiliki tabungan kelompok, kartu nelayan, anggota koperasi nelayan, dan membuat proposal.

"Ini juga harus melalui pembahasan di musyawarah perencanaan pembangunan" kata dia.

Editor: Rusdianto
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar