PMII Karimun tanam pohon di Pulau Parit

id PMII ,Karimun,tanam pohon,pulau parit

Kalangan mahasiswa anggota PMII Karimun berfoto bersama di sela-sela penanaman pohon di Pulau Parit. (foto: istimewa)

Karimun (Antaranews Kepri) - Pimpinan Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menanam 200 pohon di Desa Parit, Pulau Parit sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup.

"Kegiatan menanam bibit pohon ini merupakan rangkaian memperingati hari lahir PMII ke-58, tujuannya membudayakan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan kepada masyarakat," kata Ketua PC PMII Karimun Aal Aulia usai kegiatan tersebut, Kamis.

Kegiatan penanaman pohon tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis kepada Kepala Desa Parit Basri Muhammad.

Bibit pohon yang ditanam adalah pohon mahoni, matoa, durian dan nangka yang ditanam bersama masyarakat di sekitar SDN 005 Karimun dan di pinggir jalan desa setempat.

Aal Aulia mengatakan, kegiatan penanaman pohon merupakan bentuk kepedulian mahasiswa yang tergabung dalam PMII terhadap lingkungan. Pohon-pohon yang ditanam diharapkan dapat menjadi pelindung dan peneduh bagi masyarakat.

"Yang jelas untuk melestarikan lingkungan. Pohon-pohon yang hijau memberikan udara segar bagi kita," kata dia.

Dia menambahkan, PMII berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan, dan memanfaatkan alam dan kemakmuran bumi atau memudahkan hubungan antarmanusia.

"Dalam memanfaatkan alam diperlukan iptek, karena alam memiliki ukuran, aturan dan hukum tersendiri. Alam didayagunakan dengan tidak mengesampingkan aspek pelestariannya," turunya.

Aal mengatakan, kegiatan penanaman pohon tersebut juga disejalankan dengan penyerahan buku baca untuk siswa SDN 005 Karimun di Dusun 1, Desa Parit.

Pembagian buku tersebut, menurut dia, merupakan bentuk ajakan untuk gemar membaca bagi masyarakat yang dimulai sejak usia dini.

Sementara itu, Kepala Desa Parit Basri Muhammad mengapresiasi kegiatan penanaman pohon dan pembagian buku kepada siswa SD tersebut.

"Kami senang PMII memilih Desa Parit untuk melaksanakan kegiatan ini. Kami mendukung kegiatan yang bermanfaat seperti ini," kata dia.

Kegiatan positif yang digelar PMII, menurut dia, diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat, khususnya bagaimana masyarakat cinta dengan alam, dengan cara menanam pohon atau menjaga kelestarian lingkungan.

"Begitu juga dengan pembagian buku gratis yang menyiratkan sebuah ajakan gemar membaca bagi anak-anak," kata dia.
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar