Lingga akan suplai sembako ke seluruh Kepri

id suplai sembako di kepri,lingga pusat pertanian kepri

Lingga akan suplai sembako ke seluruh Kepri

Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kepala Staf Kepresidenan itu optimistis Kabupaten Lingga nantinya dapat mensuplai sembako terutama sayur-sayuran ke seluruh wilayah Provinsi Kepri.
Batam (Antaranews Kepri) - Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau dipersiapkan untuk mensuplai kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) dalam empat tahun ke depan sehingga nantinya tidak ada lagi kebutuhan pokok dikirim dari luar negeri atau dari daerah lain di Indonesia.

"Kita melirik Kabupaten Lingga karena saya melihat sepintas tanahnya sangat bagus dan masing-masing pulau, salah satunya Dabo Singkep memiliki sumber air terjun yang luar biasa," kata Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, di Batam, Senin.

Moeldoko mengatakan sumber air di Kabupaten Lingga sangat berlimpah serta tanahnya subur sehingga sangat cocok untuk dijadikan lokasi pertanian.

Namun kata Moeldoko, sampai saat ini masyarakat di daerah tersebut belum terbiasa melakukan aktivitas pertanian.

"Masyarakatnya belum terbiasa dengan budi daya, untuk itu saya masuk dan Bupati Lingga (alias Wello) hampir setiap tiga minggu sekali datang ke rumah saya untuk berdiskusi dengan saya," kata Moeldoko yang juga menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

Kepala Staf Kepresidenan itu optimistis Kabupaten Lingga nantinya dapat mensuplai sembako terutama sayur-sayuran ke seluruh wilayah Provinsi Kepri.

Sehingga seluruh Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri tidak lagi memasok sembako dari luar negeri atau daerah lainnya di Indonesia.

"Tidak hanya sayur-sayuran, sekitar empat tahun lagi Lingga sudah bisa dan dapat mensuplai buah-buahan ke Kota Batam," kata dia.

Mantan Panglima TNI itu menambahkan di Kota Batam sampai saat ini belum dapat dilakukan aktivitas pertanian, karena karakteristik tanah di kota industri tersebut banyak mengandung mineral.

"Itu sangat menganggu aktivitas pertanian," kata Moeldoko.

Moeldoko meminta agar Kota Batam fokus kepada industri dan Kabupaten Lingga fokus kepada pertanian. Sehingga Kabupaten Lingga, lanjut Moeldoko nantinya dapat mensuplai sembako ke Kota Batam.

HKTI pusat kata Moeldoko juga sudah mengirimkan tim dari Jakarta untuk melihat secara langsung untuk mendalami dan mengembangkan pertanian di Kabupaten Lingga. Dengan harapan produksi pertanian d Kabupaten Lingga akan semakin baik.(Antara)

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE