Ekang Anculai jadi desa percontohan BPJS Ketenagakerjaan

id Desa Ekang Anculai ,Bintan,desa percontohan,BPJS Ketenagakerjaan,Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Tanjungpinang bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bintan merampungkan rencana kegiatan peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. (Antaranews Kepri/Saud MC Kashmir)

Desa Ekang Anculai di Bintan ini menjadi satu-satunya desa yang akan diresmikan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di wilayah Sumatera Barat, Riau, dan Kepri
Bintan (Antaranews Kepri) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan melirik Desa Ekang Anculai, Kabupaten Bintan sebagai desa percontohan program Nasional "Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan", Rabu (1/8) mendatang.

"Desa Ekang Anculai di Bintan ini menjadi satu-satunya desa yang akan diresmikan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di wilayah Sumatera Barat, Riau, dan Kepri," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tanjungpinang, Rini Suryani, Senin.

Sambung Rini, peresmian akan langsung dipimpin oleh Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan pusat, E Ilyas Lubis di Balai Desa Engkang Anculai, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan (1/8).

Menurut dia, ada sekitar 200 desa di Indonesia yang diresmikan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dari program nasional 2018, satu di antaranya adalah Desa Ekang Anculai di Bintan.

Rini mengungkapkan bahwa faktor terpilihnya Ekang Anculai sebagai bagian dari program nasional BPJS ketenagakerjaan 2018 tersebut antara lain, seluruh kades dan perangkat desa  telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

"Selain itu, desa tersebut memiliki angkatan kerja yang tinggi, khususnya di bidang pertanian, seperti karet, sayur, kebun dan lainnya," ucap Rini.

Sambung dia, seluruh masyarakat desa itu juga telah mendukung program dasar BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga, Ekang Anculai layak jadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

"Kami berharap, Desa Ekang Anculai dapat menjadi pemicu desa lain di Kepri dan Bintan khususnya untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ucap Rini.

Selain itu, ia juga mengharapkan kegiatan tersebut (1/8), berjalan sukses dan lancar demi kesejahteraan masyarakat Desa Ekang Anculai. 

Menurut dia, proses peresmian akan disaksikan oleh pejabat BPJS Ketenagakerjaan, meliputi, dewan pengawas, deputi direktur bidang perluasan kepesertaan, Deputi Direktur Kanwil Sumbar Riau-Kepri, dan seluruh kepala kantor BPJS Ketenagakerjaan di Kepulauan Riau.

"Serta, jajaran Pemerintahan Kabupaten Bintan, mulai dari Bupati dan Wakil Bupati Bintan, OPD, forum komunikasi daerah, kades, dan masyarakat juga turut hadir menyaksikan peresmian Desa Ekang Anculai menjadi Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan," ucapnya.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar