Empat calon haji Karimun gunakan kursi roda

id jamaah calon haji,karimun,calon haji,kursi roda,bupati karimun,aunur rafiq

Empat calon haji Karimun gunakan kursi roda

Bupati Karimun Aunur Rafiq melepas salah satu calon haji yang menggunakan kursi roda. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Karimun (Antaranews Kepri) - Empat dari 201 calon haji asal Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, berangkat ke Tanah Suci dengan menggunakan kursi roda.

"Ada empat orang yang menggunakan kursi roda karena faktor usia atau sudah uzur," kata Bupati Karimun Aunur Rafiq usai pelepasan Jamaah Calon Haji (JCH) Karimun di Tanjung Balai Karimun, Senin.

Aunur Rafiq mengharapkan seluruh calon haji menjaga kesehatan sehingga dapat menunaikan seluruh rangkaian ibadah dengan baik dan khusyuk, sehingga dapat kembali ke Tanah Air dengan selamat.

"Dan menyandang haji mabrur," kata dia.

Dia menjelaskan, total calon haji yang akan berangkat semula berjumlah 203 orang, namun dua lainnya ditunda keberangkatannya dengan karena permasalahan visa.

Dari 201 calon haji tersebut, sebanyak 18 orang merupakan sisipan yang menggantikan calon haji yang batal berangkat karena belum melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

"Hari ini, kita lepas keberangkatan mereka menuju Batam, dan besok pukul 11.00 WIB sudah terbang ke Tanah Suci melalui Embarkasi Hang Nadim Batam," kata dia.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Karimun Lukman mengatakan, enam calon haji berisiko tinggi, termasuk empat orang yang menggunakan kursi roda mendapat pengawasan dari Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

"PPIH akan awasi kesehatannya, dan mereka diberi tanda khusus JCH berisiko tinggi," kata dia.

Dari 201 jamaah calon haji tersebut, kata dia, calon haji tertua bernama Duriat Abdullah berusia 79 tahun, dan calon haji termuda bernama Citra Ramarianti berusia 30 tahun.

Lukman menjelaskan Jamaah Calon Haji (JCH) Karimun berangkat ke Jeddah dengan kloter 19, bergabung bersama jamaah dari kabupaten/kota lain di Kepri.

Dia menyebutkan jamaah dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 17 September 2018.

Jamaah calon haji Karimun dilepas keberangkatannya ke Batam di halaman kediaman dinas Bupati Karimun dengan menggelar upacara adat Melayu, tepuk tepung tawar.

Mereka berangkat ke Batam menggunakan kapal MV Dumai Line dan akan menginap selama satu malam di Asrama Haji Batam.

Pelepasan JCH Karimun juga dihadiri Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim, Sekda Karimun Muhammad Firmansyah, Wakil Ketua DPRD Karimun Azmi, Wakil Ketua DPRD Karimun Bakti Lubis dan sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE