Gubernur ingatkan pasangan kepala daerah tidak bertikai

id syahrul-rahma,gubernur kepri nurdin basirun

Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun saat melantik Syahrul-Rahma sebagai Wako dan Wawako Tanjungpinang di Gedung Daerah Tanjungpinang, (ANTARA News Kepri/Dok Humas Pemkot Tanjungpinang)

Jika ada permasalahan di internal pemerintahan, terutama yang berhubungan dengan Syahrul dan Rahma, sebaiknya dibahas bersama untuk mendapat solusi.
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengingatkan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang yang baru dilantik, Syahrul dan Rahma tidak bertikai, melainkan harus tetap bersinergi sampai berakhir masa jabatannya.

"Masing-masing harus tahu batasannya. Itu berhubungan dengan tugas dan kewajiban sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah agar tetap bersinergi," kata Gubernur Nurdin saat melantik Syahrul-Rahma sebagai Wako dan Wawako Tanjungpinang di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat.

Nurdin juga mengingatkan Rahma untuk melaksanakan perintah, dan memahami batasan sebagai Wakil Wali Kota Tanjungpinang. Syahrul dan Rahma harus menghindari kecurigaan sehingga tidak terjadi konflik.

Jika ada permasalahan di internal pemerintahan, terutama yang berhubungan dengan Syahrul dan Rahma, sebaiknya dibahas bersama untuk mendapat solusi.

"Mendagri juga mengingatkan itu karena cukup banyak hubungan kepala daerah dan wakil kepala daerah tidak harmonis karena saling curiga," ucapnya.

Ia juga mengingatkan Pemkot Tanjungpinang melibatkan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan. Pemerintah harus siap dikritik, dan menerima masukkan dari masyarakat jika itu sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

"Libatkan masyarakat dalam pembangunan untuk mempercepat target pembangunan," tegasnya.

Gubernur Nurdin mengatakan sinergisitas adalah kekuatan. Sinergisitas di pemerintahan merupakan modal utama dalam pembangunan.

Daerah tidak mungkin dapat maju jika pemerintahan tidak harmonis. Karena itu, sinergisitas menjadi hal utama yang harus dipertahankan.

"Konflik mengeluarkan banyak energi. Kita kehilangan banyak waktu, padahal pembangunan dan target pemerintahan harus tercapai dalam waktu cepat," ucapnya.

Selain itu, Nurdin juga berharap sinergisitas dapat dibangun dengan pemerintah kabupaten dan kota lainnya, termasuk dengan Pemprov Kepri. Komunikasi antarpemerintahan harus terbangun untuk mempercepat pembangunan.

Pemprov Kepri mendukung program pembangunan yang ingin dicapai pemerintah kota dan kabupaten. Karena itu, pemerintah provinsi serta kabupaten dan kota harus bersinergi agar program pembangunan dilaksanakan secara maksimal, tidak tumpang tindih.

"Kemajuan provinsi salah satunya tergantung pada kabupaten dan kota. Karena itu, kita harus bahu-membahu," katanya. (Antara)
Pewarta :
Editor: Danna Tampi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar