Peserta lolos SKD CPNS Pemkot Batam minim

id seleksi kompetensi dasar,CPNS,batam,amsakar achmad

Peserta lolos SKD CPNS Pemkot Batam minim

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. (ANTARA News Kepri/Pradanna Putra)

Kalau lihat realisasi per hari mungkin tidak tercapai kuota. Makaya, kami meminta ada kebijakan. Apakah itu nanti di-ranking atau bagaimana, tergantung kebijakan Panselnas
Batam (Antaranews Kepri) - Jumlah peserta yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) penerimaan Calon Pegawai negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Batam, Kepulauan Riau 2018 hanya 150 dari 4.000 peserta yang lolos sehingga dinilai minim.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Selasa,mengatakan Pemkot setempat akan menyurati pemerintah pusat terkait sedikitnya jumlah CPNS yang lolos dalam SKD.

"Ini persoalan di seluruh daerah, tidak hanya Batam. Kami akan menyurati Badan Kepegawaian Negara(BKN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi(Kemenpan RB)," katanya.

Pemkot Batam khawatir, jumlah peserta yang lulus seleksi tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan CPNS Batam. Jumlah formasi CPNS Batam 2018 sebanyak 363 posisi.

Amsakar mengemukakan,seleksi CPNS sepenuhnya dilakukan pemerintah pusat, dan Pemkot Batam hanya menjalankan saja.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin mengatakan, Pemkot meminta kebijakan panitia seleksi nasional karena jumlah peserta yang lolos ambang batas nilai masih sedikit.

"Kalau lihat realisasi per hari mungkin tidak tercapai kuota. Makaya, kami meminta ada kebijakan. Apakah itu nanti di-ranking atau bagaimana, tergantung kebijakan Panselnas," katanya.

Ia mengatakan, Pemkot Batam berharap kuota kebutuhan CPNS dapat dipenuhi dari seleksi itu. "Karena memang itu dibutuhkan," ujar Jefridin.

Kepala Kantor Regional XII BKN, Andrayati mengatakan, kebijakan penetapan batas bawah nilai SKD merupakan wewenangan Pansel nasional.

Panitia daerah hanya bertugas mengirimkan hasil seluruh peserta ke pusat.

"Untuk hasil masih sesuai nilai ambang batas yang ditetapkan Peraturan Menpan RB. Kami di daerah tidak bisa mengatakan sekian yang lulus. Hasil secara keseluruhan Pansel nasional yang akan menyampaikan pengumumannya. Hasil tes setiap hari kami sampaikan," katanya.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi kepada Pemkot Batam, yang dianggap telah menyelenggarakan tes SKD hingga berjalan lancar.

Apalagi, Pemkot Batam menerapkan pindai sidik jari kepada seluruh peserta, demi memastikan tidak ada joki pada tes penerimaan CPNS.

"Alhamdulillah di semua titik lokasi baik mandiri maupun UPT berjalan lancar, tidak dijumpai kendala," ujar Andrayati .

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE