AJI Tanjungpinang akan gelar Literasi Media

id AJI,tanjungpinang,literasi media

AJI Tanjungpinang akan gelar Literasi Media

Pengurus AJI Tanjungpinang memperingati hari jadi pertama dengan menggelar kegiatan Lirerasi Media. (Antaranews Kepri/Ogen)

Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Tanjungpinang dalam memperingati hari jadi yang pertama akan melaksanakan kegiatan Literasi Media di halaman Ramayana Mall, Jalan Wiratno, Tanjungpinang, 15-16 Desember 2018. 

"Kegiatan Litermed ini merupakan representasi dari Festival Media (Femsed) yang digelar AJI Indonesia secara rutin setiap tahun," ujar Ketua AJI Tanjungpinang, Jailani, Selasa (11/12).

Jailani menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang bagi jurnalis, pengelola media massa baik cetak, online, televisi, radio, media komunitas maupun kalangan pemangku kepentingan media untuk berinteraksi dengan masyarakat.

"Khususnya meningkatkan budaya literasi dan pemahaman akan tugas dan fungsi media di Kota Tanjungpinang," imbuhnya.

Dia juga mengatakan, latar belakang dilaksanakan kegiatan Litermed ini adalah untuk mempertemukan para jurnalis, media, dan publik dalam rangkaian kegiatan. Tujuannya, untuk mendidik masyarakat Tanjungpinang agar lebih cerdas dalam bermedia. 

"Terutama menangkal berita-berita yang belum jelas kebenarannya," ucapnya. 

Oleh karena itu, lanjutnya, AJI Tanjungpinang sebagai organisasi jurnalis merasa memiliki tanggungjawab untuk mensosialisasikan atau bahkan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar lebih bijak menerima informasi dari berbagai media. 

Sementara, ketua panitia Litermed 2018 Kurnia Syaifullah menuturkan, Litermed 2018 ini mengangkat tema "Menangkal Bahaya Laten Hoax di Media". Di mana, kegiatan ini nantinya akan dimeriahkan  dengan beragam aktivitas. Mulai dari pameran media, workshop, talkshow seminar, lomba foto, musik akustik, dan acara hiburan lainnya. 

Syaiful menargetkan, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut akan diikuti sekitar 200 orang. Terdiri dari kalangan jurnalis, perusahaan media, mahasiswa, media komunitas, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), organisasi pers, lembaga negara, LSM/Perseroan Terbatas, UKM, masyarakat umum dan lainnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE