Pemudik Natal via Hang Nadim meningkat

id Natal

Pemudik Natal via Hang Nadim meningkat

TARGET PENUMPANG BANDARA HANG NADIM. Sejumlah kru darat mengangkut bagasi penumpang pesawat di apron Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Selasa (9/12). Menurut rilis data dari Badan Pengusahaan (BP) Batam, jumlah penumpang melalui bandara itu pada bulan Oktober lalu mencapai 4,6 juta lebih tinggi dari jumlah penumpang sepanjang tahun 2013 sebesar 4,3 juta, pengelola menargetkan 5 juta penumpang pada tahun ini. ANTARA FOTO/Joko Sulistyo/ss/pd/14ANTARA FOTO/JOKO SULISTYO (ANTARA FOTO/JOKO SULISTYO)

Batam (Antaranews Kepri) - Arus mudik natal 2018 di Bandara Internasional Hang Nadim Batam naik 1,3 persen dibandingkan tahun 2017 dengan jumlah penumpamg tertinggi mencapai 8.801 orang pada H minus 3. 

Direktur Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, mengatakan, pihaknya akan terus memonitor pergerakan penumpang hingga puncak arus balik natal dan tahun baru yang diperkirakan jatuh pada 5 Januari mendatang.

"Secara kesluruhan kita lihat naik sekitar 1,3 persen dibandingkan 2017, meski ada di beberapa hari yang jumlahnya tidak sesuai perkiraan," kata Suwarso di Batam, Kamis (27/12).

Suwarso menyatakan hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan adanya maskapai penerbangan yang melanggar ketentuan batas atas dan bawah harga tiket pada arus mudik natal dan tahunbaru 2018.

"Hingga tadi pagi semua airline masih mematuhi aturan yang berlaku sesuai dengan Skep yang telah dikeluarkan Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Menurutnya harga batas atas tiket maskapai penerbangan pada arus mudik natal dan tahun baru sekitar Rp1,965 juta oleh Garuda Indonesia untuk rute Jakarta.

Sementara maskapai lainnya harga tiket tertinggi ditawarkan pada kisaran harga Rp1,6 juta hingga Rp1,8 juta. 

"Itu harga saat peak season dan harga batas bawah atau normal untuk rute Batam-Jakarta biasanya hanya Rp700 sampai Rp800 ribu," tuturnya.

Suwarso memperkirakan pada 2018 pergerakan penumpang di Bandara Internasional Hang Nadim Batam naik dari 2017.

"Tahun ini kita perkirakan bisa mencapai 6,4 sampai 6,5 juta juta penumpang, kalau tahun lalu itu hanya sekitar 6,3 juta," pungkasnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE